alexametrics

Tiga Kali Comeback ke Persib, Bak Deja vu bagi Achmad Jufriyanto

Rully Fauzi
Tiga Kali Comeback ke Persib, Bak Deja vu bagi Achmad Jufriyanto
Achmad Jufriyanto resmi kembali ke Persib Bandung. (Dok. Persib)

Jupe resmi kembali berseragam Persib Bandung.

Suara.com - Bek senior Achmad Jufriyanto resmi kembali ke Persib Bandung seiring berakhirnya masa peminjaman di Bhayangkara Solo FC. Kepulangan ke Bandung membuatnya merasa seperti deja vu.

"Saya sih merasa seperti deja vu," ucap pria yang akrab disapa Jupe itu, dikutip dari AyoBandung -- jaringan Suara.com.

Pemain yang ikut membawa Persib juara ISL 2014 dan Piala Presiden 2015 itu pun mengaku senang bisa kembali ke Bandung. "Pulang (lagi) ke rumah," seperti yang ia tulis di akun Instagram pribadinya. 

Menurut Jupe, dia senang bisa kembali karena ia dan Persib masih terikat kontrak hingga 31 Desember 2021.

Baca Juga: Alasan Bhayangkara Solo FC Pulangkan Achmad Jufriyanto ke Persib

Kembalinya Jupe ke Bandung setelah membela tim lain adalah yang ketiga kali bagi pemain berusia 34 tahun itu setelah tahun 2017 dan 2019.

Dia datang ke Persib pada musim 2014 dan sering tampil sebagai starter. Di tahun kedua, yakni pada 2015, dia memilih hengkang ke Sriwijaya FC dan kembali ke Bandung pada musim 2017. 

Sama saat musim pertamanya bersama Pangeran Biru --julukan Persib, Jupe tampil tak tergantikan dan menjadi andalan selama mengarungi Liga 1 2017.

Sayang, kebersamaan harus kembali berakhir di awal musim 2018 dan ia pun kemudian pindah ke klub Malaysia, Kuala Lumpur FA.

Satu musim mengembara di negara tetangga, Jupe kembali ke Persib untuk mengarungi musim 2019. Di tahun itu, ia kembali menunjukannya kualitasnya dan tak tergantikan.

Baca Juga: Masa Peminjaman Berakhir, Achmad Jufriyanto Kembali Berkostum Persib

Bak deja vu, Jupe lantas memilih bertualang lagi di musim 2020. Saat itu Bhayangkara mengajukan peminjaman dan menyepakati satu musim masa peminjaman, hingga akhir 2020.

Pada Februari 2021, Jupe kembali ke Persib untuk ketiga kalinya. Catatan ini sekaligus melewati rekor yang dibuat Eka Ramdani.

Eka pernah tercatat dua kali keluar-masuk Persib. Masing-masing terjadi pada 2005 setelah pulang dari Persijatim Solo FC dan kembali dari Persela Lamongan pada musim 2018.

Selain Eka, Aji Nurpijal juga pernah mengalami hal serupa. Aji bolak-balik Bandung saat kembali dari Mitra Kukar dan Persijap Jepara.

Komentar