alexametrics

Berikut 8 Fakta Menarik Usai Man City Singkirkan Dormund di Liga Champions

Reky Kalumata
Berikut 8 Fakta Menarik Usai Man City Singkirkan Dormund di Liga Champions
Gelandang Manchester City Phil Foden (kanan) merayakan golnya ke gawang Borussia Dortmund bersama rekan setimnya Kyle Walker dan manajer Pep Guardiola di perempat final Liga Champions yang digelar di Dortmund. WOLFGANG RATTAY / AFP / POOL

Manchester City melaju ke semifinal Liga Champions

Suara.com - Manchester City lolos ke semifinal Liga Champions setelah sukses melewati adangan Borussia Dortmund. Berikut fakta - fakta menarik usai usai Man City singkirkan Dortmund di babak perempat final Liga Champions.

Pada laga leg kedua Dortmund vs Man City di Signal Iduna Park, Kamis (15/4/2021), The Citizens (julukan Manchester City) berhasil memetik kemenangan 2-1.

Dortmund sempat memimpin lebih dulu lewat gol Jude Bellingham di babak pertama. Namun Man City membalas dua gol lewat Riyad Mahrez dari titik penalti dan Phil Foden

Kemenangan tersebut Manchester City lolos semifinal Liga Champions dengan agregat meyakinkan, 4-2. Hasil itu setelah skuat besutan Pep Guardiola ini memenangkan leg pertama atas Dortmund juga dengan skor 2-1.

Baca Juga: Akhirnya Pep Guardiola Bawa Man City Tembus ke Semifinal Liga Champions

Berikut fakta - fakta menarik usai Man City singkirkan Dortmund dari Liga Champions seperti dihimpun dari Bbc Sport :

  1. Setelah Bayern Munich dan RB Leipzig mencapai semifinal Liga Champions musim lalu, tidak ada tim Jerman yang mencapai empat besar musim ini. Sementara dua tim Inggris (Chelsea & Man City) akan tampil di semifinal untuk kedua kalinya dalam tiga musim terakhir (Liverpool & Spurs pada 2018-19).

  2. Bos Man City Pep Guardiola telah mencapai semifinal Liga Champions kedelapan, sekarang menjadi yang terbanyak dalam sejarah kompetisi di antara semua manajer, bersama Jose Mourinho.
  3. Tim dari Inggris telah menyingkirkan tim dari Jerman dalam 12 pertandingan fase gugur Liga Champions (termasuk final), jumlah yang sama yang telah dikelola tim Jerman atas klub-klub Inggris. Ini adalah pertama di babak perempat final (atau setelahnya) sejak Chelsea mengalahkan Bayern Munich pada final 2011-12.
  4. Dortmund kini telah mencetak gol di setiap 40 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi (82 gol), dengan hanya rekan mereka dari Jerman Bayern Munich (65) yang mencetak gol lebih lama dari semua tim di lima liga top Eropa.
  5. Gol penyeimbang Riyad Mahrez adalah gol pertamanya di Liga Champions sejak September 2019, mengakhiri 14 pertandingan tanpa satu gol pun. Winger Aljazair Manchester City ini telah mencetak masing-masing dari tiga penalti di kompetisi.

  6. Berusia 17 tahun dan 289 hari, pemain Dortmund Jude Bellingham menjadi pemain kedua yang mencapai 10 penampilan Liga Champions sebelum berusia 18 tahun, setelah Youri Tielemans pada 2014; pemain Inggris termuda sebelumnya yang mencapai 10 pertandingan adalah Theo Walcott (18 tahun 341d pada tahun 2008).
  7. Bellingham dari Dortmund menjadi pemain berusia 17 tahun ketiga yang mencetak gol babak fase gugur Liga Champions (bersama Bojan dan Jamal Musiala), sementara ia menjadi pemain Inggris kedua yang mencetak gol seperti itu untuk tim non-Inggris setelah Steve McManaman. Real Madrid (final 1999-00 & semifinal 2001-02).

  8. Phil Foden pemain kedua yang lebih muda dari 21 tahun yang mencetak gol di kedua leg pertandingan perempat final Liga Champions, setelah Kylian Mbappe pada 2016-17 untuk Monaco, juga melawan Borussia Dortmund, yang berusia 18 tahun.

Baca Juga: WAGs PSG Ejek Thomas Muller Usai Bayern Munich Tersingkir di Liga Champions

Komentar