alexametrics

Rasakan Puasa Ramadhan Pertama di Indonesia, Farshad Noor: Luar Biasa!

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi
Rasakan Puasa Ramadhan Pertama di Indonesia, Farshad Noor: Luar Biasa!
Pemain anyar Persib Bandung Farshad Noor mengikuti latihan perdana bareng para pemain Maung Bandung di Sleman, Yogyakarta, Sabtu (27/3/2021). (HO/Persib.co.id)

Farshad Noor senang bisa jalani Ramadhan di Indonesia.

Suara.com - Pemain asing Persib Bandung, Farshad Noor, merupakan seorang muslim dan ini pertama kalinya dia menjalani puasa Ramadhan di Indonesia. Pemain asal Afghanistan mengaku senang bisa merasakan Ramadhan di Indonesia.

Hal itu diceritakan oleh Farshad Noor melalui kanal YouTube Persib Bandung yang tayang pada Kamis (15/4/2021). Farshad Noor mengatakan bahwa pengalaman Ramadhan pertama di Indonesia luar biasa karena ini merupakan negara dengan mayoritas muslim.

"Saya pikir ini luar biasa karena banyak penduduk muslim di sini, mayoritas muslim. Sebenarnya ini pertama kali saya punya rekan satu tim yang lebih dari setengahnya adalah muslim, juga para staf."

"Itu lebih mudah untuk mengikutinya. Menyenangkan bisa memiliki pemain dengan orang yang agamanya sama, terutama saat berada di bulan suci Ramadhan," ucap Farshad Noor.

Baca Juga: Terbukti Berlaku Rasis, Bek Slavia Praha Terancam Tak Bisa Bela Timnas

Lebih lanjut, Farshad Noor yang pernah menimba ilmu di akademi PSV Eindhoven mengatakan ada perbedaan mencolok pada durasi berlatih klub antara Indonesia dengan Belanda.

Farshad Noor ceritakan pengalaman Ramadhan di Indonesia. (YouTube/Persib)
Farshad Noor ceritakan pengalaman Ramadhan di Indonesia. (YouTube/Persib)

"Latihan (di Belanda) akan berjalan seperti biasa. Mereka tidak akan berkata 'Baik, kamu hanya cukup berlatih satu jam.' Sebaliknya mereka akan memintamu untuk sebaiknya tidak puasa atau tetap menjalankan puasa sesuai pilihanmu. Karena pada akhirnya kamu akan melakukan latihan yang sama dan menjalani pertandingan. Jadi itu lebih sulit," katanya.

Farshad lalu menceritakan program latihan di Persib terasa lebih ringan baginya dibandingkan saat di Belanda, karena porsinya telah disesuaikan.

"Dan yang lebih saya sukai di sini di Indonesia, mereka lebih menyesuaikan program latihan untuk pemain. Dan ini yang paling saya sukai dari Persib, khususnya. Sejujurnya di sini lebih ringan daripada Belanda."

"Klub dan pelatih memberi kamu waktu seharian penuh untuk puasa sampai waktunya tiba latihan, kecuali apa yang harus kita lakukan seperti ibadah (salat). Latihan juga berlangsung sejam dan tidak begitu berat. Setelah berbuka, Kami diperbolehkan untuk latihan ekstra," imbuhnya.

Baca Juga: Afganistan dan Oman Jadi Lawan Timnas Indonesia di Laga Uji Coba

Terlepas dari itu, Persib sendiri sedang bersiap untuk menghadapi PSS di semifinal Piala Menpora 2021 yang dijadwalkan pada Jumat (16/4/2021) malam WIB di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Komentar