alexametrics

Timnas Mau TC, PSSI Berharap Pemain yang Main di Luar Negeri Gabung Semua

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Timnas Mau TC, PSSI Berharap Pemain yang Main di Luar Negeri Gabung Semua
Asnawi Mangkualam (kiri) tampil untuk Ansan Greeners. (Twitter/@KLeagueUnited)

PSSI berharap klub-klub luar negeri tak mempersulit soal izin.

Suara.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap izin 'peminjaman' ataupun pemanggilan pemain-pemain Timnas Indonesia yang saat ini berkarier di luar negeri untuk training camp (TC) dimudahkan oleh klub masing-masing. Menurut Iriawan, pemain-pemain tersebut sangat dibutuhkan untuk ikut dalam TC.

Namun, memang masih belum diketahui siapa-siapa saja pemain yang berkarier di luar negeri yang akan dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong untuk TC Timnas Senior Indonesia nanti. 

Timnas senior rencananya memang akan melakukan pemusan latihan pada 1 Mei 2021. TC ini dilakukan sebagai persiapan menghadapi tiga sisa pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Iriawan menjelaskan, pihaknya tengah berupaya agar pemain-pemain yang ada di luar negeri semua bisa bergabung. Surat pemanggilan pun sudah disiapkan oleh PSSI.

Baca Juga: Arema FC Dukung Penuh Musim Baru Liga 1 Start Awal Juli

"Itu yang sedang kita komunikasikan karena beberapa pemain kan cukup bagus yang main di luar. Mudah-mudahan dari klub-klub luar negeri ini, mereka tak mempersulit soal izin ini. Mudah-mudahan semua bisa gabung. Karena penting buat kita untuk menyatukan kerjasama pemain, baik di tengah, belakang dan depan," kata Iriawan kepada awak media.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) berbincang dengan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Akhmad Hadian Lukita (kiri) sebelum Rapat Koordinasi Pengkajian Terhadap Usulan Kompetisi Sepak bola Liga 1 dan 2 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (10/2/2021). . ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kanan). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

"Sudah ada surat pemanggilan, namun belum ada jawaban. (Plt) Sekjen PSSI (Yunus Nusi) tanda tangan, minta klub-klub itu untuk bisa berikan kepada kita lah," tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Ada beberapa pemain asal Indonesia yang memang mencuri perhatian di luar negeri saat ini. Sebut saja Asnawi Mangkualam bersama klub Ansan Greeners di Korea Selatan, Syahrian Abimanyu (Newcastle Jets, Australia), Ryuji Utomo (Penang FC, Malaysia) dan Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia).

Selain itu juga ada beberapa nama yang berkarier di Eropa. Sebut saja Egy Maulana Vikri (Lechia Gdanks, Polandia), Witan Sulaeman (Radnik Surdulica, Serbia), Brylian Aldama (NK Rijeka, Kroasia), serta Bagus Kahfi (FC Utrecht, Belanda).

Belum lagi pemain-pemain keturunan seperti Elkan Bagott dan Kelana Mahessa yang bisa saja dipanggil Shin Tae-yong ke timnas senior.

Baca Juga: Pantau Pemain di Piala Menpora, Shin Tae-yong Balik ke Indonesia Awal Mei

Komentar