alexametrics

Stephanie Frappart, Wasit Perempuan Pertama di Piala Eropa

Rully Fauzi
Stephanie Frappart, Wasit Perempuan Pertama di Piala Eropa
Wasit asal Prancis, Stephanie Frappart. [LOIC VENANCE / AFP]

Stephanie Frappart pun bisa saja memimpin pertandingan di putaran final Piala Eropa 2020, yang akan dihelat musim panas tahun ini.

Suara.com - Stephanie Frappart asal Prancis akan menjadi perempuan pertama yang memimpin di Kejuaraan Sepakbola Eropa untuk putra di level internasional, setelah UEFA menobatkannya sebagai wasit keempat untuk ajang Piala Eropa 2020, yang pelaksanaanya tertunda imbas pandemi COVID-19 dan akan dihelat musim panas tahun ini.

Sebelumnya, Frappart telah mencatat beberapa prestasi sebagai wasit perempuan, yakni menjadi wasit pertandingan Ligue 1 Prancis dan juga Liga Champions pada Desember 2020 untuk pertandingan penyisihan grup antara Juventus kontra Dynamo Kiev.

“Untuk pertama kalinya, seorang ofisial perempuan telah dipilih untuk Piala Eropa putra. Stephanie Frappart (Prancis), yang telah memimpin beberapa pertandingan di kompetisi level klub pria dan juga level timnas UEFA musim ini, akan bertindak sebagai wasit ataupun ofisial keempat pada pertandingan Piala Eropa tahun ini," demikian pernyataan UEFA, Kamis (22/4/2021).

Seperti halnya pertandingan atau ajang-ajang lainnya, di setiap pertandingan Piala Eropa nanti akan menghadirkan satu wasit utama (yang akan memimpin jalannya laga), dua asisten wasit, satu wasit keempat, serta satu asisten wasit cadangan di stadion, plus satu tim yang terdiri dari empat wasit VAR.

Baca Juga: Setelah Benfica dan Celtic, Kini Valencia Minati Jose Mourinho

Nah, andai wasit utama tersebut mengalami cedera atau masalah lainnya di pertandingan Piala Eropa nanti, maka Frappart (37) tentu memiliki kesempatan untuk turun memimpin laga.

Piala Eropa 2020 akan digelar pada  11 Juni hingga 11 Juli 2021 nanti.

Komentar