alexametrics

Makin Digerogoti Usia, Buffon Resmi Tinggalkan Juventus Akhir Musim Ini

Rully Fauzi
Makin Digerogoti Usia, Buffon Resmi Tinggalkan Juventus Akhir Musim Ini
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon. [MARCO BERTORELLO / AFP]

Buffon yang sudah berusia 43 tahun akan meninggalkan Juventus untuk kedua kalinya.

Suara.com - Kiper gaek Juventus, Gianluigi Buffon bakal meninggalkan Bianconeri untuk kedua kalinya. Kiper 43 tahun itu mengonfirmasi tidak memperpanjang kontraknya dan akan cabut akhir musim ini. 

Buffon, yang praktis hanya jadi pelapis bagi kiper utama Juventus Wojciech Szczesny dalam dua musim terakhir, menyebut kepergiannya nanti sebagai "akhir dari sebuah siklus".

Buffon comeback ke Turin pada 2019 setelah menghabiskan satu musim bersama Paris Saint-Germain. Namun, dengan kontraknya yang akan berakhir pada Juni mendatang, eks kiper Timnas Italia itu merasa sudah waktunya berpisah dengan Juve.

"Masa depan saya jelas dan pasti. Pengalaman yang indah dan sangat panjang dengan Juve akan berakhir akhir musim ini,," beber Buffon kepada beIN Sports, yang dilansir Tribal Football, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga: Andrea Pirlo Angkat Kaki, Zinedine Zidane Pimpin Juventus Musim Depan

"Entah saya akan berhenti bermain, atau jika saya menemukan situasi yang memotivasi saya untuk terus bermain atau merasakan pengalaman hidup yang berbeda, saya akan mempertimbangkannya," sambung mantan kiper Parma itu.

"Saya merasa sudah memberikan segalanya bagi Juve, dalam dua periode. Saya telah menerima segalanya dan lebih dari ini, tidak ada lagi. Saya tidak bisa berharap lebih dari ini lagi," tutur Buffon.

"Ini akhir dari sebuah siklus," tukasnya.

Akhir dari sebuah siklus yang dimaksud Buffon sendiri adalah kegagalan Juventus mempertahankan Scudetto alias gelar juara Liga Italia Serie A.

Scudetto musim ini disabet Inter Milan usai bertahun-tahun didominasi Juventus, dan Bianconeri kini juga malah terancam lolos ke Liga Champions musim depan karena masih terdampar di peringkat kelima klasemen Liga Italia 2020/2021 menuju akhir musim.

Baca Juga: Prediksi Manchester United vs Leicester, Laga Pekan ke-36 Liga Inggris

"Kami kekurangan kontinuitas. Pada akhirnya, dalam pertandingan kami melawan lima atau enam tim besar, kami sering menang. Kami terkadang imbang dan kalah," ucapnya.

"Tapi itu selalu menjadi pertandingan di mana kami main bagus. Sebaliknya, kami kehilangan poin-poin bodoh lawan tim-tim kecil. Ini berarti tim tidak berkembang secara karakterm" tukas Buffon.

Buffon gabung dengan Juventus pada 2001 silam dari Parma dengan nilai transfer gila-gilaan kala itu, yakni 52 juta euro yang memecahkan rekor kiper termahal dunia. Kiper yang akrab disapa Gigi itu menghabiskan 17 tahun di Turin.

Buffon lantas sempat meninggalkan Juve untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain secara gratis pada musim panas 2018, di mana ia memenangkan gelar Ligue 1 Prancis, sebelum kembali ke Juventus Stadium pada 2019.

Komentar