alexametrics

Profil Tim Portugal di Euro 2020: Daftar Pemain dan Ambisi Mempertahankan Juara

Rifan Aditya
Profil Tim Portugal di Euro 2020: Daftar Pemain dan Ambisi Mempertahankan Juara
Profil Timnas Portugal - Skuad timnas Portugal berfoto bersama sebelum pertandingan lawan Swedia di UEFA Nations League pada 9 September 2020 di Solna, Swedia.(AFP/DIOGO PINTO)

Bagaimana Timnas Portugal mempersiapkan diri menghadapi kompetisi bergengsi di Benua Biru? Berikut profil Tim Portugal di Euro 2020.

Suara.com - Berikut profil Timnas Portugal yang bakal menghadapi tantangan berat di Euro 2020 yang akan dimulai 12 Juni 2021. Pasalnya, Portugal masuk di Grup F bersama dua raksasa Eropa lain Jerman dan Perancis. Satu tim lagi, yakni Timnas Hungaria bisa menjadi kuda hitam Piala Eropa 2020 ini.

Tekanan datang dari publik Portugal yang menginginkan kesuksesan tim kebanggaannya tersebut terulang saat menjarai Euro 2016. Bagaimana Timnas Portugal mempersiapkan diri menghadapi kompetisi bergengsi di Benua Biru? Berikut profil Tim Portugal di Euro 2020.

Tim Portugal kembali melanggang di Euro 2020 atau disebut juga Euro 2021. Fase grup akan langsung menjadi tantangan berat bagi skuad Fernando Santos ini. Namun, ambisi mempertahankan gelar juga bukan perkara mudah.

Apalagi mengigat sejarah sejak kompetisi elit ini digelar pertama kali pada 1960 hanya Spanyol yang mampu mempertahankan gelar juara dua kali berturut-turut.

Baca Juga: Link Live Streaming Belgia vs Yunani, Laga Uji Coba Jelang Euro 2020

Sebelumnya pada 2016, Selecao hanya menang tipis 1-0 atas Perancis. Kedua tim andalan dataran Eropa ini akan mengulang momentum tersebut di fase grup. Namun, dalam sejarahnya Portugal tidak pernah gagal lolos dari fase grup.

Tangan Dingin Pelatih Timnas Portugal

Penyerang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo saat menghadapi Luxembourg dalam matchday ketiga Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Josy Barthel, Rabu (31/3/2021) dini hari WIB. [JOHN THYS / AFP].
Penyerang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo saat menghadapi Luxembourg dalam matchday ketiga Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Josy Barthel, Rabu (31/3/2021) dini hari WIB. [JOHN THYS / AFP].

Sang pelatih Fernando Santos terus mematangkan performa anak asuhnya setelah mereka hanya lolos dengan status runner up di babak kualifikasi Euro 2020. Tergabung di grup B dalam babak kualifikasi bersama Ukraina, Serbia, Luksemburg, dan Lithuania nyatanya strategi sang pelatih tak cukup jitu. Portugal hanya mampu memetik tiga poin setelah sekali imbang dan sekali kalah.

Fernando Santos mulai menangani Portugal setelah Piala Dunia 2014. Pria 66 tahun tersebut sebelumnya melatih grup-grup elit kompetisi Eropa seperti FC Porto, Sporting Lisbon, dan Benfica. Sebelumnya Fernando Santos berjasa membawa Cristiano Ronaldo cs menjuarai Euro 2016.   

Menghadapi fase grup maut, Fernando Santos tak akan kekurangan pemain bintang. Selain CR 7, sederet pemain yang merumput di kompetisi bergengsi Eropa siap membela Timnas Portugal. Pemain Portugal yang dipastikan bakal berlaga di Euro 2020 adalah Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva, dan Andre Silva.

Baca Juga: Profil Timnas Inggris Jelang Euro 2020:

Sejumlah pengamat memprediksi tahun ini akan menjadi tahun terakhir Cristiano Ronaldo bersinar bersama Portugal mengingat usianya yang menginjak 36 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan dirinya akan berlaga di Piala Dunia 2022 saat usianya 38 tahun.

Komentar