alexametrics

Bima Sakti Pimpin Seleksi Tahap Kedua Timnas Indonesia U-16

Reky Kalumata
Bima Sakti Pimpin Seleksi Tahap Kedua Timnas Indonesia U-16
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti saat memimpin anak-anak asuhannya berlatih jelang menghadapi UEA pada pertandingan uji coba internasional. (dok. PSSI)

Seleksi tahap kedua ini akan berlangsung di Jakarta hingga Rabu (16/6/2021) mendatang.

Suara.com - Timnas Indonesia U-16 akan memulai seleksi pemain tahap kedua pada Senin (7/6/2021) di Lapangan D, Senayan, Jakarta. Pelatih Bima Sakti akan memimpin langsung seleksi yang berlangsung hingga Rabu (16/6/2021) mendatang.

Pada seleksi tahap kedua ini, Bima Sakti akan menerapkan sistem yang sama seperti seleksi pertama pada bulan April lalu, yakni mendatangkan pemain secara bergantian.

“Seleksi tahap kedua akan terpusat di Jakarta. Sama seperti seleksi tahap pertama, para pemain yang mengikuti seleksi di sini tidak mengikuti jadwal seleksi hingga akhir, melainkan di pertengahan seleksi nanti, akan ada pergantian pemain yang ikut seleksi. Pekan pertama akan diikuti oleh komposisi pemain yang berbeda dengan pekan kedua,” kata Bima Sakti di laman resmi PSSI.

Sebanyak 34 pemain akan mengikuti seleksi terpusat di pekan pertama diikuti beberapa pemain lainnya di pekan kedua. Dimana para pemain muda ini merupakan mereka yang lolos dari tahap seleksi yang dilakukan oleh tim kepelatihan Timnas U-16 , dengan didukung oleh beberapa Asosiasi Provinsi (Asprov) di daerah pada penyelenggaraannya.

Baca Juga: Kesusahan Bela Timnas Indonesia, Sandy Walsh Curhat Eks Striker Jhonny van Beukering

Seleksi untuk pembentukan Timnas Indonesia U-16 pun didukung penuh oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Ia menilai positif persiapan tim, apalagi ini merupakan seleksi tahap kedua dengan mendatangkan bakat-bakat potensial untuk memperkuat skuat Garuda Muda.

“Tinggal menghitung bulan, kita akan menjadi tuan rumah sekaligus peserta pada turnamen Piala AFF U-15 pada tahun ini. Untuk membentuk tim yang kuat dan tangguh, tentu kita harus mempersiapkan sejak dini dengan menggelar seleksi ketat," kata Iriawan.

"Timnas U-16 adalah cikal bakal Timnas kita di masa depan. Untuk itu, saya akan terus mendukung dan memantau agar semua program seleksi ini berjalan hingga membentuk timnas yang kuat,” lanjutnya

Seleksi tahap kedua ini terbagi dalam dua sesi, yakni sesi pertama selama lima hari di pekan pertama dan diikuti oleh 34 pemain. Serta sesi kedua di pekan kedua dengan durasi yang sama dan diikuti pemain yang berbeda, dimana ini menjadi seleksi terakhir sebelum pembentukan kerangka Timnas U-16.

Para pemain dan ofisial akan mulai berkumpul di Hotel Ibis, Slipi, Jakarta pada Minggu (6/6) dengan didahului dengan tes swab PCR di Rumah Sakit Royal Progress pada hari Sabtu (5/6) bagi mereka yang tinggal di area Jabodetabek.

Baca Juga: 5 Top Bola Sepekan: 4 Gol Tercipta di Laga Timnas Indonesia Vs Thailand

Komentar