alexametrics

Jelang Lawan Vietnam, Timnas Indonesia Pulangkan Ryuji Utomo

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Jelang Lawan Vietnam, Timnas Indonesia Pulangkan Ryuji Utomo
Ryuji Utomo sudah bergabung di dalam training camp (TC) Timnas Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). (Dok. PSSI).

Bek Timnas Indonesia ini mengalami cedera sehingga tidak bisa tampil di sisa laga

Suara.com - Timnas Indonesia yang saat ini sedang berjuang di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) memutuskan untuk memulangkan Ryuji Utomo. Cedera yang membuat pemain Penang FC itu dipulangkan.

Hal dipastikan PSSI dalam pernyataan resminya. Ryuji dipulangkan lantaran cedera yang dialaminya tidak memungkinkan untuk tampil di sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Dalam tim terlihat Ryuji Utomo tidak ikut berlatih. Ia dipulangkan karena cedera," demikian pernyataan resmi PSSI dikutip dari laman resmi federasi, Senin (7/6/2021).

"Ryuji cedera dan belum dapat pulih sepenuhnya. Ini akan beresiko jika dipaksakan," sambungnya.

Baca Juga: Jelang Timnas Indonesia vs Vietnam, Skuad Garuda Dilarang Mengeluh Soal Cuaca

Ryuji memang menjadi salah satu pemain yang dipanggil Pelatih Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Namun, pemain yang sebelumnya membela Persija Jakarta itu tak pernah tampil dalam pertandingan selama berada di UEA.

Seperti uji coba melawan Afghanistan dan Oman. Lalu, laga pertama Kualifikasi Piala Dunia di Dubai melawan Thailand.

Terkait hal ini, Ryuji Utomo juga telah buka suara. Cedera membuatnya tak bisa memperkuat Timnas Indonesia di sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Setelah bergabung latihan dalam training camp dan melakukan dua kali pemeriksaan MRI dan juga USG, diputuskan bahwa saya belum bisa memperkuat timnas pada ajang ini. Masih terdapat tear (robekan) pada hamstring saya yang belum pulih 100 persen, yang berisiko jika dipaksakan," ujar Ryuji Utomo.

"Sebagai anak Indonesia tentu saya kecewa dan sedih tidak dapat memperkuat timnas di ajang ini, karena pastinya memperkuat timnas selalu menjadi mimpi saya."

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Vietnam, Shin Tae-yong Akui Kehebatan Lawan

"Tapi sebagai atlet professional saya harus menerima dan memahami keadaan ini untuk kebaikan pemulihan kondisi saya," jelasnya.

Komentar