alexametrics

Ketatnya Seleksi Masuk Timnas Indonesia U-16 yang Dilakukan Bima Sakti

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Ketatnya Seleksi Masuk Timnas Indonesia U-16 yang Dilakukan Bima Sakti
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti saat memimpin anak-anak asuhannya berlatih jelang menghadapi UEA pada pertandingan uji coba internasional. (dok. PSSI)

Bima selaku pelatih kepala Timnas Indonesia akan menilai pemain dari berbagai hal

Suara.com - Bima Sakti memberlakukan aturan ketat dalam seleksi pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia U-16. Adapun saat ini seleksi sudah memasuki tahap kedua.

Bima selaku pelatih kepala Timnas Indonesia U-16 akan menilai pemain dari berbagai hal. Selain kemampuan tentu ada beberapa hal yang akan dinilai legenda Timnas Indonesia itu.

“Kondisi para pemain pada seleksi kali ini sangat baik. Sangat terlihat para pemain ingin menunjukkan kemampuan terbaik mereka di lapangan," kata Bima dalam rilis PSSI.

"Mereka tampil maksimal dan selalu kompetitif pada rangkaian latihan yang dilakukan setiap hari. Secara skill pada umumnya mereka sudah baik karena inilah pemain-pemain pilihan, tinggal beberapa indikator tambahan lain yang akan dijadikan penilaian bagi tim pelatih,” jelasnya.

Baca Juga: Bima Sakti Pimpin Seleksi Tahap Kedua Timnas Indonesia U-16

Atmosfer persaingan untuk mendapatkan tempat di skuad Timnas U-16 memang jauh lebih terasa di seleksi tahap kedua ini. Apalagi, pada seleksi tahap ini para pemain bukan hanya dinilai saat melakukan internal game saja.

Calon pemain tim nasional ini dinilai berdasarkan sikap, baik itu ketepatan waktu, disiplin dan dalam hal mendengarkan instruksi pelatih. Tentunya, pemain harus betul-betul mematuhinya jika ingin masuk Timnas Indonesia U-16.

Salah satu pemain seleksi asal Bandung, Fahri Alifarozi mengaku merasakan hal yang berbeda saat seleksi kali ini ketimbang tahap pertama. Ia merasa persaingan kali ini jauh lebih ketat.

“Saya sangat senang, bangga dan gugup saat Coach Bima memanggil saya untuk ikut seleksi lagi di tahap kedua. Seleksi kedua ini rasanya saingannya lebih banyak, tensi permainannya lebih tinggi tapi kami tetap bersaing secara sportif," ujar Fahri.

"Pada seleksi ini bukan hanya internal game saja yang dilakukan tapi ada materi teknik-teknik yang tidak saya dapatkan pada seleksi sebelumnya. Saya bangga bisa berjuang dan bergabung di sini serta membanggakan orang tua saya,” pungkasnya.

Baca Juga: Ini Kriteria Pemain Timnas U-16 yang Dicari Bima Sakti

Fahri dan 33 pemain lainnya masih akan mengikuti seleksi hingga Jumat (11/6/2021). Setiap harinya para pemain selalu diberikan program latihan mulai dari kelompok kecil untuk mempertajam teknik dalam beberapa sesi, dan internal game sebagai penutup rangkaian latihan.

Komentar