alexametrics

Euro 2020: Italia Gagal Tembus Pertahanan Berlapis Turki di Babak Pertama

Rully Fauzi
Euro 2020: Italia Gagal Tembus Pertahanan Berlapis Turki di Babak Pertama
Gelandang Timnas Italia, Manuel Locatelli (tengah) berebut bola dengan gelandang Turki, Yusuf Yazici (kanan) pada laga Grup A Euro 2020 di Stadio Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB. [ALBERTO LINGRIA / POOL / AFP]

Gli Azzurri sejatinya mendominasi pertandingan di babak pertama.

Suara.com - Perhelatan Euro 2020 dibuka dengan partai Turki vs Italia dari Grup A. Sampai babak pertama berakhir, kedudukan masih imbang 0-0 pada laga yang dihelat di Stadio Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Di 45 menit babak pertama, Timnas Italia praktis sangat mendominasi laga dan lebih banyak melancarkan serangan-serangan.

Akan tetapi, skuad Gli Azzuri masih kebingungan menembus pertahanan berlapis Timnas Turki yang tampil ultra-defensif, sebagaimana duet bek tengah; Merih Demiral dan Caglar Soyuncu main super disiplin, yang dibantu juga gelandang jangkar Okay Yokuslu.

Di babak pertama, Italia mencatatkan 14 percobaan tembakan berbanding 0 milik Turki! Meski demikian, memang hanya ada tiga tembakan yang mengarah ke gawang.

Baca Juga: Timnas Indonesia Dihabisi UEA 0-5 di Laga Pamungkas Kualifikasi Piala Dunia

Gli Azzurri juga mendominasi 68 persen ball possession, berbanding 32 persen milik Turki.

Di Stadio Olimpico, di 10 menit pertama, Italia praktis mengurung habis pertahanan Turki. Meski demikian, peluang emas baru berhasil dicipatakan Italia pada menit ke-22.

Bek veteran sekaligus kapten tim, Giorgio Chiellini yang bebas berdiri di area penalti mampu menyundulkan bola ke bagian tengah atas gawang.

Namun, kiper Turki, Ugurkan Cakir membuat penyelamatan gemilang sebagaimana ia men-tip bola ke atas mistar gawang.

Sampai menit ke-30, Italia terus mendominasi dengan menciptakan delapan peluang. Namun dari delapan peluang, itu hanya satu yang benar-benar tepat mengarah ke gawang Turki.

Baca Juga: Link Live Streaming dan Susunan Pemain Turki vs Italia di Grup A Euro 2020

Sementara dari kubu Turki, pasukan Senol Gunes itu tampak kebingungan saat mendapatkan kans untuk menyerang, sebagaimana konsentrasi serta energi mereka tampak sudah terkuras untuk membangun pertahanan yang super solid.

Hingga laga memasuki menit ke-40, Turki bisa dibilang masih belum sanggup menyerang Italia, apalagi melepaskan percobaan tembakan. Yusuf Yazici dan kawan-kawan lebih fokus berada di area pertahanan sendiri, atau lebih tepatnya terkurung di daerah mereka sendiri.

Di sisi lain, Italia terus melancarkan serangan demi serangan, meski percobaan Ciro Immobila dan kolega selalu menemui jalan buntu.

Apa pun itu, hingga babak pertama rampung, skor 0-0 berhasil dijaga Turki. Ya, babak yang benar-benar membuat frustrasi bagi pasukan Italia asuhan Roberto Mancini.

Susunan Pemain:

Turki XI (4-1-4-1): Cakir; Celik, Demiral, Soyuncu, Meras; Yokuslu; Karaman, Tufan, Yazici, Calhanoglu; Yilmaz.

Pelatih: Senol Gunes (Turki)

Italia XI (4-3-3): Donnarumma; Florenzi, Bonucci, Chiellini, Spinazzola; Barella, Jorginho, Locatelli; Berardi, Immobile, Insigne. 

Pelatih: Roberto Mancini (Italia)

Komentar