facebook

Sah! Cristiano Ronaldo Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Euro

Arief Apriadi
Sah! Cristiano Ronaldo Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Euro
Megabintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Hungaria dalam laga Grup F Euro 2020 di Puskas Arena, Budapest, Rabu (16/6/2021) dini hari WIB. [BERNADETT SZABO / POOL / AFP]

Dwigol ke gawang Hungaria membuat Cristiano Ronaldo telah mengemas 11 gol untuk melampaui rekor yang sebelumnya dipegang Michel Platini (9 gol, Prancis).

Suara.com - Cristiano Ronaldo resmi memecahkan rekor jumlah gol sepanjang masa di ajang Euro atau Piala Eropa setelah mencetak dwigol dalam kemenangan 3-0 Portugal atas Hungaria, Rabu (16/6/2021) dini hari WIB.

Dua gol yang dicetaknya pada menit ke-87 (penalti) dan 90+2' di Puskas Arena, Budapest itu membuat sang mega bintang telah mengemas 11 gol di putaran final Euro.

Torehan itu melampaui rekor yang sebelumnya dipegang Michel Platini dengan sembilan gol yang semuanya dicetak pemain Timnas Prancis itu pada Euro 1984.

Sebelum Portugal memecah kebuntuan lewat Raphael Guerreiro di menit ke-84, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan kerepotan menghadapi Hungaria.

Baca Juga: Prediksi Finlandia vs Rusia di Grup B Euro 2020

Rapatnya pertahanan Hungaria membuat Timnas Portugal selalu gagal mengonversi berbagai peluang dan dominasi penguasaan bola sebelum Guerreiro mencetak gol.

Selepas gol pertama, Portugal tampil lebih leluasa, dan secara langsung memengaruhi performa Cristiano Ronaldo. Penyerang 36 tahun itu pun mencetak gol hanya dalam tempo lima menit.

Gol pertama striker Juventus itu dicetak dari titik putih pada menit ke-87. Dia kemudian membuat brace saat laga memasuki masa injury time dengan memanfaatkan umpan Rafa Silva.

Melansir laman resmi UEFA, gol tersebut turut membuat Cristiano Ronaldo menjadi satu-satunya pemain yang selalu mencetak gol dalam lima putaran final Euro beruntun.

Cristiano Ronaldo menandai debutnya di Euro saat menghadapi Yunani pada 12 Juni 2004 dengan sebuah gol. Itu juga merupakan gol perdananya untuk Portugal.

Baca Juga: Portugal Libas Hungaria, Cristiano Ronaldo Ukir Dua Rekor Prestisius

Setelahnya, Ronaldo memainkan 21 penampilan di putaran final Euro dan mencetak delapan gol lagi, sebelum membuat brace ke gawang Hungaria di laga perdana Grup F Euro 2020 untuk melampaui jumlah gol milik Platini.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar