alexametrics

Melempem di Dua Laga Awal, Southgate akan Tetap Mainkan Harry Kane Lawan Ceko

Rully Fauzi
Melempem di Dua Laga Awal, Southgate akan Tetap Mainkan Harry Kane Lawan Ceko
Penyerang Timnas Inggris, Harry Kane berjalan menuju bangku cadangan usai digantikan pada laga Grup dD Euro 2020 kontra Skotlandia di Wembley, London, Sabtu (19/6/2021). [Matt Dunham / POOL / AFP]

Sebelum laga, gelombang agar Southgate mencadangkan Kane sudah cukup kencang datang dari para suporter maupun pers Inggris.

Suara.com - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate memastikan bahwa penyerang sekaligus kapten tim, Harry Kane akan tetap bermain dalam laga terakhir Grup D Euro 2020 melawan Republik Ceko di Wembley, London, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB.

Pernyataan itu menjadi langkah yang tidak biasa bagi Southgate, terlebih Kane belakangan ini mendapat kritikan keras karena tampil loyo dalam dua laga awal Inggris di Grup D, yakni saat mengalahkan Kroasia 1-0 dan ditahan imbang 0-0 oleh Skotlandia.

Ya, sebelum laga kontra Repbulik Ceko ini, gelombang agar Southgate mencadangkan Kane sejatinya sudah cukup kencang datang dari para suporter maupun pers Inggris.

Namun, Southgate sepertinya tak bergeming.

Baca Juga: Euro 2020: Berharap Keajaiban, Denmark Siap Habis-Habisan Lawan Rusia

"Anda bisa berasumsi demikian. Tentu saja, saya tidak peduli membocorkan ini. Ya, saya bisa bilang bahwa Harry akan tetap main melawan Ceko dan akan tetap jadi andalan kami," tegas pelatih berusia setengah abad itu kepada ITV Sport.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate memberikan aplaus pada laga Grup D Euro 2020 kontra Kroasia di Wembley, London, Minggu (14/6/2021) malam WIB. [Glyn KIRK / POOL / AFP]
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate memberikan aplaus pada laga Grup D Euro 2020 kontra Kroasia di Wembley, London, Minggu (14/6/2021) malam WIB. [Glyn KIRK / POOL / AFP]

Kane sendiri tidak tampil 90 menit penuh dalam laga kontra Kroasia maupun Skotlandia, tetapi Soutgate menegaskan bahwa langkah itu ditempuhnya bukan karena performa melempem penyerang Tottenham Hotspur itu, tetapi karena alasan-alasan lain.

"Di satu pertandingan kami sudah unggul dan butuh tenaga segar untuk tetap bisa menekan, menjaga keunggulan dan secara rasional tidak butuh gol tambahan," kata Southgate merujuk pertandingan kontra Kroasia.

"Di Piala Dunia 2018, kami berakhir terlalu banyak memainkan Harry, dan seharusnya bisa mengelola kebugarannya lebih baik lagi sekarang," celoteh mantan bek tengah Timnas Inggris itu.

"Kami punya banyak pilihan bagus di bangku cadangan, tapi Harry tetap pemain terpenting kami, tidak ada keraguan soal itu. Anda hanya perlu melihat rekor golnya bersama kami untuk melihat perannya di tim ini," sambungnya.

Baca Juga: Euro 2020: Menanti Kejutan Finlandia di Partai Hidup Mati Kontra Belgia

"Dia sangat penting, bukan hanya golnya, tetapi juga perannya membantu membangun serangan, serta hal-hal lain yang dibawanya ke tim ini," ucap Southgate panjang lebar.

Southgate sendiri sadar bahwa Kane saat ini tengah dihujani gelombang kritik yang deras, tapi meyakini penyerang berusia 27 tahun itu bakal menjawabnya dengan gol-gol penting.

"Saya tahu ada banyak pertanyaan tentang dia saat ini, tapi hal itu sudah dialaminya 100 kali," tutur Southgate.

"Saya punya jawaban bahwa di posisi ini hal itu wajar. Tapi, saya yakin dia akan menjawabnya dengan gol-gol yang membuat kami memenangi laga-laga selanjutnya," tukasnya.

Inggris di atas kertas hanya butuh hasil imbang kontra Ceko untuk bisa lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup D.

Saat ini, Ceko masih memuncaki klasemen dengan raihan empat poin dari dua laga, unggul selisih gol atas Inggris yang berada di urutan kedua.