alexametrics

Euro 2020: Hantam Makedonia Utara 3-0, Belanda Sempurna di Grup C

Reky Kalumata
Euro 2020: Hantam Makedonia Utara 3-0, Belanda Sempurna di Grup C
Para pemain Belanda merayakan gol Georginio Wijnaldum ke gawang Makedonia Utara dalam pertandingan Grup C Euro 2020 di Johan Cruyff Arena, Amsterdam 21 Juni 2021. Koen van Weel / POOL / AFP

Georginio Wijnaldum menyumbangkan dua gol bagi kemenangan Belanda

Suara.com - Belanda masih melanjutkan performa sempurna setelah menghantam Makedonia Utara 3-0 guna lolos ke babak 16 besar Euro dengan status juara Grup C.

Pada laga di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Senin (21/6/2021) malam WIB, Georginio Wijnaldum menyumbangkan dua gol bagi Belanda dan satu gol lagi dicetak Memphis Depay.

Dengan kemenangan tersebut, Belanda lolos ke babak 16 besar Euro 2020 dengan hasil sempuran setelah mengamankan sembilan poin dari tiga laga. Sementara Makedonia Utara tersingkir tanpa poin.

Sementara Austria menemani Belanda setelah lolos sebagai runner up Grup C dengan mengumpulkan enam poin. Sedangkan Ukraina harus puas di posisi ketiga dengan tiga poin.

Jalannya Pertandingan

Baca Juga: Fakta Kilat Piala Eropa 2020 : Duel Hidup Mati Finlandia vs Belgia

Meski Belanda lebih dulu mengancam namun Makedonia Utara sempat mencetak gol pada menit kesembilan. Gol dicetak oleh Ivan Trickovski memanfaatkan bola dari Goran Pandev sebelum menaklukkan Maarten Stekelenburg dengan sepakan mendatar.

Namun gol tersebut dianulir oleh wasit setelah dia lebih dulu ada dalam posisi offside saat menerima bola dari Pandev. Trajkovski masih melanjutkan ancamannya namun kali ini tendangannya masih membentur mistar gawang.

Belanda akhirnya balik menyerang dan unggul 1-0 lewat gol Memphis Depay di menit ke-24. Gol tersebuty dicetak berawal dari sebuah serangan balik dan Depay menjebol gawang Makedonia lewat sepakan kaki kirinya setelah melakukan kerja dengan Donyell Malen.

Kembali Depay memiliki peluang di menit ke-30 setelah menyambut bola liar di luar kotak penalti namun bola masih membentur pemain lawan. Sementara Makedonia Utara mencoba menekan Belanda namun tidak ada gol tercipta hingga turun minum.

Di babak kedua, Belanda mengambil inisiatif serangan. Pada menit ke-50, Matthijs de Ligt mengancam lewat sundulannya setelah menyambut bola hasil sepak pojok namun masih dapat dihalau oleh kiper Trickovski.

Baca Juga: Euro 2020: Tekuk Ukraina 1-0, Austria Lolos ke Babak 16 Besar

Pada menit ke-51, Belanda memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Gol tersebut dicetak oleh Georginio Wijnaldum lewat sepakan kaki kirinya setelah menyelesaikan umpan tarik yang dilakukan Depay dari sisi kiri.

Komentar