alexametrics

Siap Gantikan Thomas Mueller, Leon Goretzka: Turnamen untukku Bisa Dimulai Sekarang

Arsito Hidayatullah
Siap Gantikan Thomas Mueller, Leon Goretzka: Turnamen untukku Bisa Dimulai Sekarang
Pemain timnas Jerman Leon Goretzka (kiri) dan rekannya Robin Gosens saat berlatih di Stadion Adi Dassler di Herzogenaurach, Jerman, Selasa (22/6/2021), jelang laga penutup Grup F Euro 2020 versus Hungaria. [Christof STACHE / AFP]

Leon Goretzka mungkin tidak sama dan tak sepopuler Thomas Mueller di timnas Jerman, tapi dia dikenal punya kelebihan tersendiri.

Suara.com - Jelang laga Jerman vs Hungaria yang akan jadi salah satu partai penutup penyisihan khususnya dari Grup F Euro 2020, timnas Jerman hampir pasti tak diperkuat Thomas Mueller yang cedera. Penggantinya kemungkinan besar adalah sesama pemain Bayern Munich, Leon Goretzka.

Goretzka sendiri sudah menyatakan kesiapannya jika memang diturunkan sebagai starter, bahkan siap tampil 90 menit secara maksimal. Pemain berusia 26 tahun ini pun dilaporkan dalam keadaan fisik dan mental terbaiknya jelang laga kontra Hungaria ini.

"Saya siap tampil full 90 menit. Untukku, turnamen ini bisa (benar-benar) dimulai sekarang," tegasnya, sebagaimana dikutip Xinhua, Rabu (23/6/2021).

Pertandingan Jerman vs Hungaria diketahui akan dimainkan di hadapan pendukung Jerman di Stadion Allianz Arena, Munich, dengan waktu kick-off pukul 02.00 WIB (Kamis dini hari). Adapun mengenai Thomas Mueller, diketahui harus mendapatkan cedera lutut saat laga versus Portugal beberapa hari lalu yang berbuah kemenangan 4-2 untuk Jerman.

Baca Juga: Sterling Cetak Gol Lagi, Inggris Juara Grup D Usai Kalahkan Ceko 1-0

Kehilangan Mueller sendiri sejatinya cukup menjadi kenyataan pahit yang harus dihadapi pelatih Joachim Loew, mengingat harapan besar diletakkan di bahu pemain senior yang baru kembali dipanggil memperkuat timnas itu. Bisa dikatakan, Jerman tidak mempersiapkan sebelumnya akan mengarungi Euro 2020 tanpa Thomas Mueller sebagai salah satu pemain kunci.

Namun kesiapan Goretzka sebagai pengganti, tidak saja berdasarkan pernyataan sang pemain namun juga performa dan kondisinya, mestinya tak membuat pendukung timnas Jerman terlalu khawatir. Memang, selain bahwa Leon Goretzka tidak bermain di posisi yang sama dengan Mueller, dia bukan termasuk pemimpin tim seperti seniornya.

Namun dari sisi fisik, terutama dalam determinasi atau kegigihan, Goretzka tidak kalah dan bahkan mungkin sedikit lebih unggul lantaran usia dan juga lebih fit. Dalam setahun terakhir, Leon Goretzka bahkan dilabeli sebagai salah satu pemain box-to-box terbaik di Eropa yang mampu meng-cover semua lini mulai dari garis pertahanan sampai penyerangan.

Terhadap pertandingan melawan Hungaria sendiri, meski penuh semangat untuk tampil maksimal, Leon Goretzka mengisyaratkan tidak mau meremehkan tim underdog tersebut. Dia pun meyakini faktor mental akan berperan dalam menghadapi tim yang ternyata cukup merepotkan Portugal --meski akhirnya ditekuk 0-3-- dan kemudian menahan imbang Prancis tersebut.

"Kemungkinan akan butuh usaha keras untuk bisa menembus pertahanan mereka (Hungaria)," tandas Leon Goretzka, sembari menegaskan bahwa timnas Jerman harus siap untuk bermain sabar menghadapinya.

Baca Juga: Hasil Euro 2020 Grup D: Kroasia vs Skotlandia, The Blazers Menang 3-1

Komentar