alexametrics

PSSI Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala AFC Zona ASEAN, Persipura Beri Dukungan

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
PSSI Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala AFC Zona ASEAN, Persipura Beri Dukungan
Boaz TE Solossa (dua kiri) bersama sejumlah pemain tim Persipura Jayapura sedang berlatih di Batu, Malang, Jatim. (ANTARA /HO-Persipura Jayapura)

AFC kesulitan mencari venue netral untuk dijadikan tuan rumah

Suara.com - Persipura Jayapura memberikan dukungan kepada PSSI yang belakangan membuka peluang buat menjadi tuan rumah Piala AFC 2021 zona ASEAN. Tentu dukungan diberikan agar Persipura bisa tetap main di level Asia.

Fase Grup zona ASEAN tengah terancam dibatalkan penyelenggaraannya. Pasalnya, AFC kesulitan mencari venue netral untuk dijadikan tuan rumah.

Singapura yang seharusnya menggelar laga-laga Grup H dan I, malah mengundurkan diri karena alasan Covid-19 sedang meninggi. Begitu juga dengan Grup G yang sampai dengan saat ini belum ditentukan AFC di mana akan digelar.

AFC pun sempat memberikan penawaran kepada federasi negara peserta, termasuk PSSI. Federasi sepakbola Indonesia itu kini tengah mempertimbangkan tawaran AFC.

Baca Juga: Piala AFC 2021 Tidak Jelas, Jacksen F Tiago Liburkan Pemain Persipura

Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali disiapkan oleh AFC jika memungkinkan. terkait hal ini manajemen Persipura memberikan dukungan penuh kepada PSSI.

"Iya pasti kamu setuju dong. Kami juga sudah baca info itu, namun sejauh ini kami belum dapat update terkait perkembangan Piala AFC pasca pengunduran diri Singapura sebagai tuan rumah," kata Manajer Persipura, Ridwan Bento Madubun saat dihubungi awak media.

"Komunikasi dengan PSSI juga sudah kami lakukan dan mereka juga belum dapat update terbaru. Kami akan tetap menunggu sampai dapat kabar atau update terkini dari AFC seperti apa," ia menambahkan.

Namun, ada kendala PSSI jika ingin menjadi tuan rumah. Stadion Kapten I Wayan Dipta masih belum selesai renovasi dan ada aturan karantina bagi pendatang negara lain.

"Kita masih melihat kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Kami juga masih konsultasikan dengan Satgas Covid, AFC, dan negara-negara peserta. Karena, kan di sini ada aturan karantina nanti bagi tim-tim dari luar negeri," ujar Yunus Nusi selaku sekjen PSSI kepada Suara.com, Rabu (22/6/2021).

Baca Juga: Kerap Kritik PSSI Soal Pemain Keturunan, Instagram Van Beukering Ternyata Palsu

"Iya. PSSI mengajukan I Wayan Dipta. Tapi di sana stadionnya belum selesai (renovasi). Sementara kalau di Pulau Jawa lagi dalam situasi Covid-19 yang memburuk. Jadi belum memungkinkan," pungkasnya.

Komentar