alexametrics

Intip 7 Fakta Menarik usai Timnas Inggris Bungkam Jerman di Wembley

Arief Apriadi
Intip 7 Fakta Menarik usai Timnas Inggris Bungkam Jerman di Wembley
Penyerang Timnas Inggris, Harry Kane (kiri) usai mencetak gol ke gawang Jerman pada laga 16 besar Euro 2020 di Wembley, London, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB. [JOHN SIBLEY / POOL / AFP]

Pasukan Gareth Southgate meraih kemenangan atas Jerman dengan skor 2-0 di Stadion Wembley, London.

Suara.com - Timnas Inggris berhasil mengalahkan Jerman dalam laga 16 besar Euro 2020. Berikut sederet fakta menarik usai kemenangan monumental The Three Lions di Stadion Wembley, Rabu (30/6/2021) tersebut.

Pasukan Gareth Southgate meraih kemenangan atas Jerman dengan skor 2-0. Dua gol tim Tiga Singa masing-masing dicetak Raheem Sterling dan Harry kane.

Di sisi lain, kiper Everton Jordan Pickford turut jadi pahlawan berkat penampilan apiknya yang sukses membuat Timo Werner, Kai Havertz, dan Thomas Muller gagal mencetak gol.

Hasil ini membuat Timnas Inggris untuk pertama kalinya mengalahkan Jerman di fase knock-out turnamen bergengsi internasional sejak Piala Dunia 1966.

Baca Juga: Gol Sterling dan Harry Kane Bawa Inggris Singkirkan Jerman

Di sisi lain, kemenangan ini menjadi pelipur lara bagi pelatih Gareth Southgate yang pada Euro 1996 jadi biang tersingkirnya Inggris dari Jerman setelah eksekusi penaltinya gagal berbuah gol.

Berikut 7 fakta menarik usai Inggris kalahkan Jerman:

  1. Inggris mengalahkan Jerman dalam pertandingan kompetitif di Wembley untuk pertama kalinya sejak final Piala Dunia 1966, tanpa kemenangan dalam tiga pertemuan sebelumnya.
  2. Inggris jadi tim kedua dalam sejarah Euro yang tidak kebobolan dalam empat pertandingan pertama mereka di edisi turnamen, setelah Jerman pada 2016. Torehan ini mengulangi pencapaian tim Tiga Singa yang juga nirbobol dalam empat laga perdananya di turnamen besar (Piala Dunia dan Euro) pada Piala Dunia 1966.
  3. Sterling kini telah mencetak 15 gol dalam 20 penampilan terakhirnya di semua kompetisi untuk Inggris, setelah menjalani 27 pertandingan tanpa mencetak gol sebelum periode ini.
  4. Kane kini telah mencetak 30 gol untuk Inggris di bawah Southgate; dalam sejarah tim nasional, hanya Lineker yang mencetak lebih banyak gol saat bermain di bawah satu manajer (35 di bawah Bobby Robson).
  5. Kane menyamai gol yang dicetak Wayne Rooney di turnamen besar untuk Inggris (7), dengan hanya Lineker (10) dan Alan Shearer (9) yang mencetak lebih banyak gol di Piala Dunia & Euro untuk Three Lions.
  6. Muller telah tampil di masing-masing dari 26 pertandingan terakhir Jerman di turnamen besar; rekor terpanjang bersama pemain mana pun untuk tim nasional, bersama dengan Mesut Ozil (26 antara 2010 dan 2018).
  7. Bukayo Saka (19 tahun 297 hari) menjadi starter termuda untuk Inggris dalam pertandingan sistem gugur di turnamen besar sejak Wayne Rooney di Euro 2004, di perempat final melawan Portugal (18 tahun 244 hari).

Komentar