alexametrics

Respons PSSI Usai Bali United dan Persipura Gagal Tampil di Piala AFC 2021

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Respons PSSI Usai Bali United dan Persipura Gagal Tampil di Piala AFC 2021
Sekjen PSSI Yunus Nusi ditemui di GOR Popki Cibubur, Jakarta, Kamis (10/12/2020). [Suara.com/Adie Prasetyo]

Pembatalan tersebut disampaikan oleh AFC melalui rilisnya, Rabu (7/7/2021).

Suara.com - PSSI memberikan respons usai Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) membatalkan gelaran Piala AFC 2021 untuk Zona ASEAN. Seperti diketahui, Indonesia punya wakil di kejuaraan tersebut yakni Bali United dan Persipura Jayapura.

Pembatalan tersebut disampaikan oleh AFC melalui rilisnya, Rabu (7/7/2021). Adapun PSSI juga telah menerima surat resmi terkait masalah ini dari AFC.

Disebutkan Sekjen PSSI, Yunus Nusi batalnya Piala AFC 2021 Zona ASEAN karena pandemi Covid-19. Seperti diberitakan sebelumnya, AFC sulit mencari tuan rumah untuk menggelar tiga grup Zona Asia Tenggara yakni G, H, dan I.

Pada awalnya, Grup H dan I akan digelar di Singapura. Namun, seiring berjalannya waktu Singapura mundur karena kasus positif virus Corona di negara tersebut sedang meningkat.

Baca Juga: Resmi! Piala AFC 2021 Zona ASEAN Batal, Bali United dan Persipura Gagal Mentas

"PSSI telah menerima surat sirkuler resmi yang dikirimkan oleh AFC kepada para anggota asosiasi yang berpartisipasi pada gelaran Piala AFC 2021," kata Yunus Nusi dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com.

"Mereka menyampaikan secara tertulis tentang alasan penundaan karena pandemi Covid-19 masih menjadi alasan utama," jelasnya.

Yunus menerangkan PSSI sejatinya menyayangkan adanya penundaan ini. Namun, harus dimaklumi karena situasi dan kondisi pandemi Covid-19 memang menyulitkan.

Bahkan, AFC sudah menawarkan beberapa federasi di ASEAN untuk jadi tuan rumah termasuk PSSI. Indonesia bahkan terus berupaya agar bisa menjadi tuan rumahnya.

Namun, karena masih tingginya angka kasus covid-19 dan masih berlangsungnya upaya vaksinasi untuk masyarakat umum, maka keinginan untuk menjadi tuan rumah tidak bisa terealisasi.

Baca Juga: Kick-off Liga 2 Ditunda, Manajemen PSMS Medan Tunggu Regulasi PSSI

"Sangat disayangkan dua tim perwakilan Indonesia, yakni Bali United dan Persipura belum bisa tampil dalam turnamen ini," Sambungnya.

Komentar