alexametrics

Mengenal Ilie Dumitrescu, Legenda Tottenham yang Alih Profesi Jadi Seniman

Rauhanda Riyantama
Mengenal Ilie Dumitrescu, Legenda Tottenham yang Alih Profesi Jadi Seniman
Ilie Dumitrescu. (Twitter/@FinishedPlayers)

Ilie Dumitrescu main di Tottenham pada 1994.

Suara.com - Tak banyak yang mengenal sosok Ilie Dumitrescu. Namun, bagi pendukung Rumania dan Tottenham Hotspur, ia adalah legenda. Pasca pensiun dari lapangan hijau, kini ia banting stir menjadi seniman.

Nama Ilie Dumitrescu tak begitu banyak dikenal sepak terjangnya. Maklum saja, di Rumania, namanya kalah mentereng dari Gheorghe Hagi. Apalagi namanya sebagai legenda Tottenham Hotspur.

Meski tak dikenal banyak orang, Dumitrescu punya karier cemerlang baik di level klub dan level internasional bersama Rumania.

Di level klub, Dumitrescu mengawali karier profesionalnya di tahun 1986 bersama Steaua Bucharest. Setelah dipinjamkan selama dua musim, ia kembali ke klub besar Rumania itu pada tahun 1988.

Baca Juga: Inggris vs Denmark: Tottenham Connection, Harry Kane Nantikan Pertarungan Lawan Hojbjerg

Setelahnya, Dumitrescu bertahan di Steaua Bucharest hingga tahun 1994. selama enam tahun di klub papan atas Rumania itu, dirinya meraih beragam gelar prestisius.

Gelar liga Rumania, Piala Rumania, dan Piala Super Rumania berhasil dikoleksi Dumitrescu dengan total tujuh gelar.

Gelar-gelar itu ia barengi dengan pencapaian individu yakni menjadi top skor dengan 24 gol kendati dirinya banyak bermain sebagai winger kiri.

Pencapaian apiknya membuatnya dipinang Tottenham Hotspur pada 1994 dan langsung dipinjamkan ke Sevilla. Peminjaman itu tak berlangsung lama, hanya sekitar enam bulan.

Perjalanannya di Spurs memang tak berlangsung lama. Pasca kembali dari Sevilla, Dumitrescu hanya bertahan enam bulan sebelum dilepas ke West Ham United.

Baca Juga: Persiapan Timnas Denmark dan Inggris Jelang Semifinal Euro 2020

Setelahnya, kariernya meredup dengan berpetualang ke Meksiko sebelum kembali ke Bucharest dan pensiun di tahun 1999.

Komentar