alexametrics

Shin Tae-yong Jadi Komentator Olimpiade, PSSI: Utamakan Timnas Indonesia!

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Shin Tae-yong Jadi Komentator Olimpiade, PSSI: Utamakan Timnas Indonesia!
Pelatih Shin Tae-yong (kanan) memberikan pengarahan kepada para pesepak bola dalam latihan Timnas Senior Indonesia di Stadion Madya, kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/5/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

Shin Tae-yong dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 23 Juli.

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dikabarkan bakal menjadi salah satu komentator cabang olahraga (cabor) sepakbola untuk Olimpiade Tokyo, khususnya ketika Korea Selatan (Korsel) bertanding. Terkait hal ini PSSI pun ingin Shin Tae-yong memprioritaskan Timnas Indonesia.

Seperti diketahui saat ini Shin Tae-yong sedang berada di negaranya, Korsel. Ia meminta izin kepada PSSI pulang kampung untuk melakukan pengecekan kesehatannya.

Sebelumnya, mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 23 Juli. Namun, kabar terbaru menyebut Shin Tae-yong meminta waktu lagi hingga 6 Agustus di Korsel karena ada urusan yang belum selesai.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong usai memimpin latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021) malam. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong usai memimpin latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021) malam. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Padahal, PSSI menjadwalkan Timnas Indonesia akan menggelar pemusatan latihan atau training camp (TC) pada 1 Agustus 2021, sebagai persiapan menghadapi play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan.

Baca Juga: Gian Zola dan Ghea Youbi Kompak Ucapkan Selamat Idul Adha, Netizen Malah Salfok ke Cincin

Media Korsel, JoongAng Ilbo malah menyebut Shin Tae-yong akan menjadi komentator Olimpiade Tokyo di Korsel. Terkait hal ini, PSSI meminta kepada sang pelatih buat mengutamakan Timnas Indonesia lebih dahulu.

"Kami sedang menelusuri dan menanyakan ke Shin Tae-yong tentang kebenaran berita itu," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi saat dihubungi oleh awak media.

"PSSI sudah menyampaikan ke Shin Tae-yong agar segera kembali ke Indonesia dan memprioritaskan untuk menangani TC Timnas Indonesia pada 6 Agustus," sambung mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu.

Memang dalam jadwal pertandingan cabor sepakbola Olimpiade Tokyo akan dimulai pada 22 Juli sampai 7 Agustus 2021. Bisa saja ia datang lebih cepat andaikata Korsel tersingkir lebih cepat.

Sementara Timnas Indonesia dijadwalkan melawan Taiwan sebagai tuan rumah di leg pertama play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 7 September. Adapun pertemuan kedua akan terjadi pada 12 Oktober 2021.

Baca Juga: Direkrut Ansan Greeners, Putra Shin Tae-yong Kini Setim dengan Asnawi

Pemenang dari laga ini akan melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 bersama 22 tim lain yang telah memastikan diri lolos.

Komentar