alexametrics

5 Pesepak Bola yang Dulunya Bukan Kiper, Ada Duo Liverpool

Rauhanda Riyantama
5 Pesepak Bola yang Dulunya Bukan Kiper, Ada Duo Liverpool
Reaksi kiper Liverpool Loris Karius atas blunder yang dilakukannya saat menghadapi Real Madrid di final Liga Champions. Paul ELLIS / AFP

Kiper-kiper ini dulunya berposisi sebagai penyerang.

Suara.com - Jalan berliku sering kali didapati seorang pesepak bola untuk bisa mencapai tujuan kariernya profesionalnya. Tak jarang perjalanan itu menuntut untuk mengubah posisi bermain, termasuk dari striker menjadi kiper.

Ya, tidak sedikit pemain yang memulai karier sebagai penyerang atau gelandang. Kemudian harus mengubah posisi bermainnya untuk bisa bersaing di tim dan mengembangkan kariernya.

Begitu pula dengan kiper-kiper kelas dunia saat ini. Ada beberapa di antara mereka yang ternyata dulunya tidak bermain sebagai penjaga gawang. Siapa saja kiper-kiper tersebut? Berikut ulasannya.

1. David De Gea

Baca Juga: Virgil van Dijk Ungkapkan Rasa Terima Kasihnya usai Comeback dari Cedera

Kiper Manchester United, David de Gea. [PHIL NOBLE / POOL / AFP]
Kiper Manchester United, David de Gea. [PHIL NOBLE / POOL / AFP]

Kiper Manchester United ini dikabarkan oleh mantan pelatihnya, Jose Mara Cruz, merupakan seorang penyerang ketika masih berusia belasan tahun. Bahkan, Cruz menyebut De Gea sebagai penyerang yang subur.

Bakat sebagai seorang penyerang memang masih sering terlihat ketika De Gea menjadi kiper. Pemain asal Spanyol tersebut tak jarang menangkis bola dengan kakinya, alih-alih mengenakan tangan.

Karier De Gea sebagai kiper berkembang sangat pesat di Manchester United dengan pernah meraih Sarung Tangan Emas Premier League 2017/18 dan meraih beberapa gelar kolektif macam Premier League, Piala Liga, Piala FA, hingga Liga Europa.

2. Keylor Navas

Kiper Real Madrid asal Kosta Rika Keylor Navas. PATRIK STOLLARZ / AFP
Kiper Real Madrid asal Kosta Rika Keylor Navas. PATRIK STOLLARZ / AFP

Kiper yang kini membela Paris Saint-Germain tersebut dikabarkan memulai kariernya sebagai penyerang. Navas sebetulnya ingin menjadi seorang kiper, namun ketika masih di sekolah sepak bola ia justru dipasang sebagai striker.

Baca Juga: 5 Hits Bola: Nyaman di Persib, Nick Kuipers Tolak Tawaran Klub Lain

Baru di usia 17 tahun Navas akhirnya dipasang sebagai penjaga gawang. Di posisi tersebut karier Navas akhirnya mengalami perkembangan pesat.