alexametrics

Sejarah Markas FIFA dan UEFA Berada di Swiss

Rauhanda Riyantama
Sejarah Markas FIFA dan UEFA Berada di Swiss
Journalists gather in front of the FIFA headquarters during a meeting of the FIFA executive committee in Zurich, Switzerland September 25, 2015.

Ini alasan FIFA dan UEFA memilih markasnya di Swiss.

Suara.com - Misteri bagi pecinta sepak bola yang masih menjadi pertanyaan saat ini mungkin mengenai lokasi markas FIFA dan UEFA yang terletak di Swiss.

FIFA merupakan induk organisasi sepak bola dunia, sedangkan UEFA sendiri merupakan federasi sepak bola untuk uni Eropa. Dengan dua fungsi berbeda, mengapa kedua federasi ini bermarkas di Swiss?

Sebagai permulaan, Swiss dipilih menjadi markas UEFA karena sejarahnya yang dibentuk di Basel pada 1954. Meski demikian, markas pertama federasi sepak bola uni Eropa itu sendiri berada di Prancis.

Barulah pada 1959, UEFA memindahkan markasnya ke Bern, ibu kota Swiss. Sejak saat itu, markas dari UEFA selalu berpindah-pindah.

Baca Juga: Suporternya Barbar Saat Final Euro, UEFA Siapkan Sanksi untuk Sepak Bola Inggris

Setelah 35 tahun berada di kota Bern, UEFA memindahkan markasnya ke Nyon, kota Swiss lainnya dan masih bermarkas di kota tersebut hingga saat ini.

Lain halnya dengan UEFA, FIFA menjadikan Swiss pada 27 Mei 2007 lalu saat masih dipimpin oleh Sepp Blatter di mana federasi sepak bola tertinggi dunia ini berada di kota Zurich.

Dirangkum dari berbagai sumber, FIFA mendapat keistimewaan dari pemerintah setempat berupa jalan khusus untuk FIFA dengan nama FIFA Strasse atau Jalan FIFA.

Di Zurich, FIFA menempati bangunan dua lantai di mana ada dua pertiga lantai kosong di bawah tanah. Lantai kosong itulah yang dijadikan tempat pengambilan keputusan oleh FIFA layaknya Scene di film-film Action.

Lantas, mengapa harus Swiss yang jadi negara markas besar kedua induk organisasi besar ini? bukannya masih banyak negara Eropa dan di dunia yang bisa menjadi markas UEFA dan FIFA?

Baca Juga: Ada Pantauan dari FIFA dan AFC, Sekjen PSSI: Liga memang Harus Segera Bergulir!

Alasan Memilih Swiss

Komentar