alexametrics

Profil Ezra Walian, Pemain Keturunan yang Sempat Dilarang Bela Timnas Indonesia

Rully Fauzi
Profil Ezra Walian, Pemain Keturunan yang Sempat Dilarang Bela Timnas Indonesia
Striker Persib Bandung dan Timnas Indonesia, Ezra Walian. [Instagram/@persib]

Ezra dipanggil untuk mengikuti TC terbaru Timnas Senior Indonesia.

Suara.com - Ezra Walian kembali mendapat kesempatan untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia. Dia masuk ke dalam daftar 36 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti training camp (TC) Timnas Senior Indonesia.

Untuk pemusatan latihan kali ini, Shin memang banyak memanggil pemain muda. Ezra sendiri merupakan salah satu dari lima pemain Persib Bandung yang dipanggil.

Adapun, Ezra sempat tidak diperbolehkan membela Timnas Indonesia oleh FIFA karena status kewarganegaraannya sempat dipermasalahkan.

Seperti apa sosok Ezra Walian yang sebenarnya. Langsung saja, intip profil Ezra Walian yang telah berhasil dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Baca Juga: Robert Alberts Langsung Siapkan Skuad Persib untuk Hadapi Borneo FC

Profil Ezra Walian

Ezra lahir pada 22 Oktober 1997 dan besar di Amsterdam, Belanda.  Ezra Walian ini pertama kali menimba ilmu sepak bola di akademi Haarlem Youth di Belanda.

Dari garis keturunan, Ezra memiliki darah Indonesia dari ayahnya, Glenn Walian, yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara.

Setelah menimba ilmu sepak bola di Haarlem Youth, bakat Ezra dicium oleh Ajax Amsterdam. Pada 2012, Ezra resmi memperkuat Ajax untuk membela tim U-17.

Bersama tim Ajax junior, Ezra cukup sukses dari segi prestasi. Dia meraih empat gelar juara kompetisi usia muda di Belanda.

Baca Juga: Profil Victor Igbonefo, Pemain Tertua yang Ikut TC Timnas Indonesia

Setelah lima tahun di Ajax, Ezra memutuskan meninggalkan Ajax untuk pindah ke tim kasta kedua Liga Belanda, Almere City, pada 2017.

Dia kemudian dipinjamkan ke RKC WaalWijk hingga akhir musim 2018/19. Setelah kontraknya dengan Almere City berakhir, Ezra Walian sempat ikut TC di klub kasta ketiga Inggris, Tranmere Rovers.

Akan tetapi, perjalanan kariernya justru berlanjut ke PSM Makassar saat Liga 1 2019. Jelang Liga 1 2021 bergulir, Ezra kemudian pindah ke Persib Bandung.

Di level timnas, Ezra sebetulnya sempat dipanggil oleh Timnas Belanda U-15 hingga U-17. Namun, pada Mei 2017 dia mengucap sumpah untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Setelah resmi menjadi WNI, Ezra Walian melakukan debut pada laga persahabatan melawan Myanmar. Nama Ezra semakin dikenal setelah dipanggil ke skuat Timnas U-22 arahan Luis Milla untuk SEA Games 2017.

Kepindahan Ezra menjadi WNI bukan tanpa masalah. FIFA melarang Ezra Walian untuk bermain pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 setelah menerima memorandum dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

Atas masalah itu, Ezra Walian pun tak bisa membela PSM Makassar di Piala AFC 2020. Beruntung, semua masalah itu kini sudah usai dan Ezra Walian kembali bisa memperkuat Timnas Indonesia.

[Aditia Rizki]

Komentar