alexametrics

Ini 5 Pemain Australia U-23 yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia U-23

Reky Kalumata
Ini 5 Pemain Australia U-23 yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia U-23
Para pemain Timnas Australia U-23. [AFP / Asano Ikko]

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Australia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23

Suara.com - Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga sulit di Kualifikasi Piala Asia U-23 kala menghadapi Australia pada 27 dan 30 Oktober 2021. Berikut pemain yang wajib diwaspadai Garuda Muda dari lawannya tersebut.

Pertemuan Timnas Indonesia U-23 dengan Australia diprediksi akan berjalan dengan sistem dua leg. Hal ini tak lepas dari mundurnya Brunei Darussalam dan China dari babak kualifikasi grup G.

Sebelumnya, Brunei Darussalam mundur terlebih dahulu pada awal September lalu. Tak berselang lama, China juga mundur karena alasan tertentu.

Saat ini, Timnas Indonesia U-23 tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Tajikistan. Di sisi lain, Australia menjalani pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab.

Baca Juga: Shin Tae-yong Beberkan Kunci Kemenangan Timnas Indonesia atas Tajikistan

Belum lama ini, Australia U-23 mengumumkan skuad yang dibawa jelang melawan Indonesia nanti. Uniknya, hampir seluruh pemain yang dikirim adalah pemain U-20. Hanya ada satu pemain berusia di atas 21 tahun, yakni Mark Tokich.

FFA selaku federasi sepak bola Australia memilih menggunakan pemain U-20 karena tim tersebut tengah dipersiapkan untuk Olimpiade 2024 Paris.

Selain banyak pemain muda U-20, Australia juga memilih Trevor Morgan sebagai pelatih sementara menggantikan Graham Arnold yang kini fokus menangani tim senior.

Meski didominasi tim muda, Indonesia tetap harus waspada saat menghadapi Australia nanti. Apalagi, terdapat beberapa pemain yang berkarier di Eropa dan bakal jadi andalan tim Kanguru muda.

Lantas, siapa saja pemain Australia U-23 yang wajib diwaspadai Indonesia nanti?

Baca Juga: Timnas Indonesia Libas Tajikistan 2-1, Shin Tae-yong: Masih Ada Pemain yang Grogi

1. Noah Botic

Noah Botic bukanlah nama asing bagi Indonesia. Ia pernah menjebol gawang tim Merah Putih saat bertanding di Piala Asia U-16 pada 2018 silam.

Ia pun tampil cemerlang di Piala Dunia U-17 dengan mencetak 4 gol yang membuatnya banyak dilirik klub Eropa pada saat itu.

Karena cedera, ia pun belum memenuhi mimpinya bermain untuk klub Eropa. Meski begitu, ketajamannya wajib diwaspadai Timnas Indonesia U-23 nanti.

2. Lachlan Brook

Lachlan Brook merupakan penyerang muda Australia U-23 yang kini berkarier di Inggris bersama Brentford. Ia merupakan bagian dari tim B klub berjuluk The Bees itu.

Ia bergabung pada tahun 2020 lalu dari Adelaide United di mana ia telah debut di tim senior pada usia 16 tahun di ajang Liga Champions Asia.

Ilmu yang ia dapatkan bersama tim sekelas Brentford tentu akan menjadi ganjalan Timnas Indonesia U-23 yang didominasi pemain yang bermain di liga lokal.

3. Jacob Italiano

Pemain yang berposisi sebagai gelandang dan winger ini merupakan salah satu pemain Australia yang berkarier di Eropa.

Jacob Italiano tercatat bermain untuk tim Jerman, Borussia Monchengladbach II. Di Regionalliga West 2021-2022, pemain berusia 20 tahun ini telah mencetak 1 gol dan 1 assist untuk skuat muda Die Fohlen.

Italiano telah membela Monchengladbach sejak 2019 lalu di mana ia diboyong dari Perth Glory. Total 50 penampilan telah ia catatkan untuk Die Fohlen muda dengan torehan 5 gol.

4. Kai Calderbank-Park

Pemain yang berposisi sebagai kiper ini telah mengenyam ilmu sepak bola bersama tim-tim Britania Raya sejak tahun 2019.

Tercatat Kai Calderbank-Park pernah membela Burnley U-18 dan U-23, Bury AFC, dan kini tergabung di tim asal Wales, Connah’s Quay.

Kai Calderbank-Park punya keunggulan utama dalam bola-bola udara. Hal ini ditunjang dengan postur tubuhnya yang berkisar 189 cm. Tak mengherankan jika ia menjadi andalan Australia sejak tim U-19.

5. Jordan Courtney-Perkins

Tak hanya Witan Sulaeman yang bermain di Polandia. Australia juga memiliki salah satu pemain muda di Ekstraklasa bernama Jordan Courtney-Perkins.

Pemain yang baru berusia 18 tahun ini baru bergabung dengan klub bernama Rakow Czestochowa pada musim 2021-2022 ini dari Brisbane Roar.

Meski baru bergabung, ia telah dipercaya tampil mengawal pertahanan Rakow saat menghadapi Jagiellonia di pekan ke-2 Ekstraklasa.


Kontributor: Zulfikar Pamungkas

Komentar