alexametrics

Intip Fakta Menarik Sebastien Haller, Top Skor Sementara Liga Champions

Reky Kalumata
Intip Fakta Menarik Sebastien Haller, Top Skor Sementara Liga Champions
Striker Ajax Amsterdam Sebastien Haller (kiri) merayakan golnya ke gawang Borussia Dortmund dalam pertandingan Liga Champions Grup C di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, 19 Oktober 2021. Fran├žois WALSCHAERTS / AFP

Hingga matchday ketiga, Haller sudah menorehkan enam gol.

Suara.com - Bomber milik Ajax Amsterdam, Sebastien Haller, memantik perhatian. Untuk sementara, dirinya menjadi top skor Liga Champions 2021/22.

Hingga matchday ketiga, Haller sudah menorehkan enam gol. Heroiknya, tak ada gol yang diciptakannya dari titik putih.

Tak pelak, Haller kemudian mencuat. Namanya menyisihkan pesepak bola beken yang biasanya menghuni daftar pencetak gol kompetisi Eropa. Semisal, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Robert Lewandowski.

Untuk lebih dekat dengan Haller, mari cek fakta menarik Haller yang dirangkum dari pelbagai sumber:

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Termuda di Liga Champions, Salah Satunya Ansu Fati

Lahir di Perancis tapi Membela Pantai Gading

Sebastien Haller lahir pada 22 Juni 1994 di Ris Orangis, Prancis. Ayahnya merupakan orang Prancis sementara sang ibu berasal dari Pantai Gading.

Sejatinya, Haller sempat membela Timnas Prancis di kelompok timnas junior yakni U-16 hingga U-21. Hanya, untuk menembus skuat senior, dirinya kesulitan dan akhirnya pindah ke Pantai Gading.

Awali Karier Sepak Bola di Prancis

Haller mengawali karier sepak bolanya bersama Auxerre pada 2007 hingga 2012. Di antara 2010 hingga 2015, dia bermain untuk tim cadangan dan tim utama.

Baca Juga: Pelatih Bayern Munich Julian Nagelsmann Positif COVID-19

Cukup apik penampilan Haller di Auxerre. Dalam 107 laga, dia menorehkan 35 gol dan itulah yang membuat FC Utrecht kepincut.

Dari Perancis ke Belanda

Pada 2015, Haller dipinjamkan ke Utrecht. Bermain 17 kali, dirinya sukses mencetak 11 gol. Alhasil, dirinya dipermanenkan selama 2 musim dan di musim keduanya ia mencetak 30 gol dari 65 laga.

Dari Belanda ke Jerman dan Inggris

Memasuki musim 2017, Eintracht Frankfurt mengamankan jasanya. Selama dua musim bermain, ia mencetak 24 gol dari 60 laga plus menyumbang satu trofi DFB Pokal.

Catatan ini cukup berkurang dari rasio gol di beberapa klub sebelumnya. Alhasil, dirinya dilepas ke West Ham selama dua musim.

Bersama The Hammers, Haller juga kesulitan. Dalam 48 penampilan, dirinya hanya mencetak 10 gol dan akhirnya dilego ke Ajax.

Bersinar di Ajax

Di Ajax, Haller seperti kembali menemukan sentuhan terbaiknya. Paling kentara tentu gol yang dicetaknya di fase grup Liga Champions.

Saat mentas di perdana melawan Sporting Lisbon, Haller mencetak 4 gol. Di laga kedua dan ketiga Haller masing-masing menyumbang satu gol.

Catatkan Sejarah di Liga Champions

Khusus untuk empat gol Haler di pertandingan kontra Sporting Lisbon membuatnya mengukir catatan spesial pada debutnya di Liga Champions. Raihan itu membuat Haller menjadi pemain kedua yang mencetak empat gol dalam debutnya di Liga Champions, setelah legenda Ajax dan Belanda, Marco van Basten pada November 1992.

Penulis: Kusuma Alan

Komentar