alexametrics

3 Alasan Zinedine Zidane Lebih Cocok Latih Manchester United Ketimbang Antonio Conte

Syaiful Rachman
3 Alasan Zinedine Zidane Lebih Cocok Latih Manchester United Ketimbang Antonio Conte
Zinedine Zidane ketika masih melatih Real Madrid. [AFP]

Posisi Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United semakin terjepit.

Suara.com - Nama Zinedine Zidane dan Antonio Conte muncul sebagai calon pengganti Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United.

Nama Zinedine Zidane dan Antonio Conte mencuat menyusul rentetan hasil buruk yang didapatkan Setan Merah.

Di empat pertandingan terakhir di Liga Premier Inggris, Manchester United tak pernah meraih kemenangan dengan rincian 3 kali kalah dan sekali imbang.

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane memberi instruksi kepada pemainnya dalam pertandingan La Liga kontra Barcelona di Estadio Alfredo Di Stefano, 11 April 2021. [AFP]
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane memberi instruksi kepada pemainnya dalam pertandingan La Liga kontra Barcelona di Estadio Alfredo Di Stefano, 11 April 2021. [AFP]

Kekalahan teranyar bahkan bak mimpi buruk, yaitu dipermalukan Liverpool dengan lima gol tanpa balas di Old Trafford, Minggu (24/10/2021).

Baca Juga: 3 Alasan Manchester United Langsung Melejit jika Dilatih Antonio Conte

Meski sudah tersiar kabar jika Zidane enggan melatih Cristiano Ronaldo cs, eks pelatih Real Madrid itu dinilai sebagai kandidat yang paling sesuai menduduki kursi manajer Manchester United ketimbang Antonio Conte. Berikut ulasannya.

1. Rekam Jejak

Sebagai pelatih, Zidane bisa dikatakan 'baru'. Namun, kemampuannya dalam meracik taktik sudah terbukti di Real Madrid, satu-satunya klub yang dilatih legenda hidup timnas Prancis itu.

Saat menangani Real Madrid selama dua periode, 2016-2018 dan 2019-2021, banyak prestasi yang diraih Los Blancos.

Mulai dari trofi Liga Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Total Zidane menjalani 320 laga sebagai pelatih dengan persentase kemenangan 62,5%.

Baca Juga: Antonio Conte Kencang Dikabarkan akan Melatih Manchester United

2. Perubahan Strategi

Hadirnya Zidane juga bisa memberi suasana permainan baru buat Manchester United. Pelatih asal Prancis tersebut dikenal mengedepankan sepak bola menyerang.

Salah satu aspek yang dinilai banyak pundit sangat dibutuhkan oleh Manchester United saat ini adalah transformasi gaya bermain. Zidane dengan pengalamannya menangani tim sebesar Madrid cukup menjanjikan.

Terlebih, saat ini Manchester United sebetulnya tidak kekurangan pemain potensial dan berbakat. Dengan racikan Zidane, potensi para pemain seperti Jadon Sancho, Anthony Martial, hingga Marcus Rashford bisa semakin terasah.

3. Dekat dengan Pemain

Zidane juga bisa menjadi sosok penting di dalam skuat Manchester United nantinya. Pasalnya, dia cukup dekat dengan beberapa pemain Setan Merah seperti Cristiano Ronaldo dan Paul Pogba.

Ronaldo bahkan pernah meraup sukses bersama Zidane di Real Madrid, sementara Pogba sama-sama berasal dari Prancis.

Faktor kedekatan ini bisa menjadi pertimbangan kuat manajemen untuk merekrut Zidane ketimbang Conte.

[Penulis: Aditia Rizki]

Komentar