alexametrics

Timnas Indonesia Vs Australia, Shin Tae-yong Akui Buta Kekuatan Lawan

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Timnas Indonesia Vs Australia, Shin Tae-yong Akui Buta Kekuatan Lawan
Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [TJAHYADI ERMAWAN / AFP]

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Australia akan digelar di malam ini.

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengaku baru pertama kali mengalami kejadian dalam fase grup hanya terdapat dua tim, selain itu ia juga mengaku buta akan kekuatan Australia yang akan menjadi lawan tunggal Garuda Muda.

Sebagaimana diketahui, hanya ada dua tim dalam satu grup yang dimaksud Shin Tae-yong dialami Timnas Indonedia U-23 yang berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Di mana seharusnya skuad Garuda Muda berada di Grup G bersama Australia, China, dan Brunei Darussalam.

Namun, China dan Brunei Darussalam mundur dari kejuaraan tersebut dengan alasan pandemi Covid-19. Kini, di Grup G hanya menyisakan Indonesia dan Australia.

Pelatih Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada skuad Timnas Indonesia U-23 (dok. PSSI).
Pelatih Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada skuad Timnas Indonesia U-23 (dok. PSSI).

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) pun memutuskan duel Timnas Indonesia vs Australia sebanyak dua kali. Hanya juara grup yang bisa lolos putaran final.

Baca Juga: 3 Alasan Zinedine Zidane Lebih Cocok Latih Manchester United Ketimbang Antonio Conte

Padahal, jika China dan Brunei Darussalam tidak mundur, Timnas Indonesia U-23 punya peluang lolos dari posisi runner-up terbaik. Kondisi ini pun diakui Shin Tae-yong cukup merugikan.

"Memang ada dua tim yang mundur. Kami paham karena ada pandemi, tapi saya baru kali ini mengalami di fase grup cuma dua tim," kata Shin Tae-yong dalam rilis yang diterima Suara.com, Selasa (26/10/2021).

"Jadi ke depan harus ada rencana sistem antisipasi. Siap-siap bagaimana mengatasi kalau ada kejadian seperti ini lagi," terang mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong mengaku buta dengan kekuatan yang dimiliki Australia U-23. Meski begitu, ia meyakini Asnawi Magkualam dan kawan-kawan bakal memberikan perlawanan.

"Jujur kami tak tahu tentang tim U-23 Australia. Tapi, akan kami beri yang terbaik nanti saat pertandingan," pungkasnya.

Baca Juga: 3 Hal Ini yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia U-23 dari Australia

Pertandingan melawan Australia akan berlangsung di Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021) malam ini. Sementara laga kedua akan dihelat pada 29 Oktober mendatang.

Komentar