alexametrics

4 Pemain yang Mungkin Dibuang Barcelona Usai Ronald Koeman Dipecat

Rully Fauzi
4 Pemain yang Mungkin Dibuang Barcelona Usai Ronald Koeman Dipecat
Penyerang Barcelona, Luuk de Jong. [LLUIS GENE / AFP]

Empat pemain ini sepertinya harus siap-siap angkat koper dari Camp Nou.

Suara.com - Ronald Koeman telah resmi dipecat sebagai pelatih Barcelona hari ini setelah under pressure dalam beberapa waktu terakhir. Keputusan diambil manajemen Barca menyusul kekalahan teranyar di Liga Spanyol 2021/2022.

Menghadapi tuan rumah Rayo Vallecano pada Kamis (28/10/2021) dini hari WIB, Barcelona keok dengan skor 0-1. Ini memperpanjang rentetan hasil negatif Blaugrana, setelah akhir pekan lalu juga dipermalukan sang rival abadi, Real Madrid di Camp Nou.

Kepergian Koeman sendiri dipercaya bakal berpengaruh untuk karier beberapa pemain di skuad Barcelona saat ini. Ya, khususnya pemain-pemain yang secara khusus dibawa dan diorbitkan oleh pelatih asal Belanda tersebut.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Prediksi Napoli vs Bologna: Ambisi Partenopei Kembali ke Trek Kemenangan

1. Luuk de Jong

Ronald Koeman secara mengejutkan mendatangkan penyerang asal Belanda ini dengan status pinjaman dari Sevilla selama semusim. Luuk de Jong disebut punya kualitas mumpuni sebagai penyerang tengah.

Namun, ekspektasi itu tak terlihat di lapangan. Penyerang 31 tahun tersebut sejauh ini baru mencetak sebiji gol untuk Barcelona dari sembilan penampilan lintas ajang.

2. Martin Braithwaite

Martin Braithwaite datang ke Barcelona pada bursa transfer Januari 2020 dengan kontrak 4,5 tahun. Di musim 2020/2021 lalu, penyerang Timnas Denmark berjuluk 'Lord Braithwaite' itu cukup sering dimainkan Ronald Koeman dengan melakoni 29 laga lintas kompetisi dan mencetak 7 gol.

Baca Juga: Akhirnya Dipecat oleh Barcelona, Berikut Profil Ronald Koeman

Akan tetapi, Braithwaite tampak menurun musim dan mulai kehilangan tempat di skuad Barca. Terlebih Blaugrana sudah mendatangkan penyerang yang lebih top musim ini, Sergio Aguero, yang jika telah fit 100 persen tentunya bisa semakin mengancam posisi Braithwaite.

3. Oscar Mingueza

Oscar Mingueza menjadi salah satu pemain muda Barcelona yang dipromosikan Ronald Koeman ke tim utama. Dia menjalani debut di tim senior Barca pada November 2020.

Di sepanjang musim lalu, Mingueza praktis jadi salah satu pilihan utama di lini belakang Barca dengan tampil 39 kali di semua kompetisi. Pun dengan musim ini, sang bek sentral sudah turun 10 kali.

Namun, besar kemungkinan dia akan terdepak jika pelatih baru pengganti Koeman datang. Pasalnya, masih ada bek-bek lebih berpengalaman di skuad Barcelona saat ini.

4. Samuel Umtiti

Bek tengah asal Prancis ini sebetulnya sudah tak banyak mendapat tempat di era kepemimpinan Ronald Koeman sebagai entrenador Barcelona. Namun, manajemen tetap memperpanjang kontraknya.

Setelah cuma tampil 16 kali musim lalu, Umtiti bahkan belum mengecap satu pun pertandingan di kampenye musim 2021/2022 ini.

[Aditia Rijki / Rully Fauzi]

Komentar