alexametrics

Liverpool Resmi Rekrut Kiper Legendaris Brasil, untuk Apa?

Arief Apriadi
Liverpool Resmi Rekrut Kiper Legendaris Brasil, untuk Apa?
Foto arsip - Pelatih kiper tim nasional Brazil Claudio Taffarel saat mendampingi sesi latihan di Salvador, Bahia, Brazil, pada 19 Juni 2019. (ANTARA/AFP/Juan Mabromata).

Claudio Taffarel tak lepas dari saran kiper Liverpool Alisson Becker.

Suara.com - Liverpool pada Rabu (1/12/2021) dini hari WIB telah mengumumkan merekrut kiper legendaris Brasil, Claudio Taffarel, untuk masuk jajaran staf pelatih klub.

Meski direkrut Liverpool, Claudio Taffarel akan tetap merangkap dengan tugasnya sebagai pelatih kiper timnas Brasil tiap kali Selecao bertanding di kompetisi internasional.

Laman resmi Liverpool menyatakan Taffarel telah mengantungi izin kerja dari pemerintah Inggris dan akan menjadi pelatih kiper ketiga klub Liga Inggris tersebut bersama John Achtenberg dan Jack Robinson.

Juergen Klopp mengaku kedatangan Taffarel tidak lepas dari konsultasinya dengan kiper Alisson Becker yang merasakan tangan dingin Taffarel di timnas Brasil.

Baca Juga: Berdansa di Lapangan, Gol Cantik Thiago Alcantara Ini Bikin Penggemar Liverpool Tercengang

Ia juga mengaku perekturan Taffarel tidak lepas dari keinginannya untuk membangun filosofi pola permainan kiper yang khas.

"Kami ingin membangun filosofi kami sendiri di departemen kiper, sebab kami sepakat bahwa posisi itu punya permaiannya sendiri, itulah mengapa melakukan pendekatan yang berbeda," kata Klopp dikutip dari laman resmi Liverpool.

"Kami berbicara dengan Ali (Alisson), sebab dua di antara kiper terbaik di dunia berasal dari Brasil dan mendapatkan solusi untuk mendatangkan Taffarel yang merupakan tambahan luar biasa bagi staf pelatih kami.

"Kami sangat ingin menjadi poros pelatihan kiper yang ajeg di dunia sepak bola, itulah mengapa kami mendatangkan pelatih kiper ketiga yang sangat berpengalaman," ujarnya panjang lebar.

Taffarel pensiun pada 2003 dengan catatan 101 penampilan untuk Brasil dan torehan gelar juara Piala Dunia 1994.

Baca Juga: Liverpool Ngamuk Lagi, Kali Ini Bantai Southampton Empat Gol Tanpa Balas

Ia kemudian sempat menjadi pelatih kiper Galatasaray dan dua kali menjabat sebagai manajer interim pada 2014 dan 2015 di klub Turki itu sebelum bergabung jadi pelatih kiper timnas Brasil, demikian dilansir dari Antara.

Komentar