alexametrics

Libas Persela di Maguwoharjo, Bhayangkara FC Mantap di Pucuk Klasemen BRI Liga 1

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Libas Persela di Maguwoharjo, Bhayangkara FC Mantap di Pucuk Klasemen BRI Liga 1
Para pemain Bhanyangkara FC. [ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah]

Gol-gol Muhammad Hargianto dan Ezechiel N'Douassel memastikan raihan poin penuh bagi The Guardian.

Suara.com - Bhayangkara FC mantap di pucuk klasemen BRI Liga 1 usai mengalahkan Persela Lamongan 2-0 pada laga pekan ke-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (6/12/2021) malam.

Gol pembuka Bhayangkara FC di laga ini dicetak Muhammad Hargianto melalui sundulan usai menerima assist Adam Alis pada menit ke-30. Hargianto yang tak terkawal dengan mudah membobol gawang Persela kawakan kiper Dwi Kuswanto.

Gol berikutnya dicetak oleh Ezechiel N'Douassel pada menit ke-42. Skema gol yang diciptakan penyerang Timnas Chad itu tak jauh berbeda dari yang diciptakan Hargianto, namun gol Eze kali ini adalah hasil assist dari T.M Ichsan.

Dalam laga di Maguwoharjo, Persela sejatinya sesekali memberikan tekanan kepada Bhayangkara FC.

Baca Juga: Arema FC Lewati Rekor Unbeaten Persib di BRI Liga 1

Namun, kukuhnya lini pertahanan The Guardian --julukan Bhayangkara FC-- membuat Gian Zola dan kawan-kawan sulit menciptakan gol.

Termasuk hadiah penalti yang didapat Persela di masa injury time babak kedua. Ivan Carlos maju menjadi algojo, namun sepakan kaki kirinya lemah dan arah bola bisa dibaca kiper Bhayangkara FC, Awan Setho.

Tambahan tiga poin ini sendiri membuat Bhayangkara FC mantap menduduki puncak klasemen dengan perolehan 36 poin dari 16 laga. Jumlah tersebut selisih lima angka dengan Persib Bandung di posisi kedua.

Namun demikian, Persib memang baru memainkan 15 laga. Andai Persib mampu memenangi laga pekan ke-16 mereka, selisih kedua tim nantinya kembali hanya akan satu poin.

Sementara bagi Persela, kekalahan ini membuat mereka masih terpaku  di papan bawah klasemen. Bahkan, Tim Laskar Joko Tingkir --julukan Persela Lamongan-- kini terancam masuk zona degradasi.

Baca Juga: Gagal Bongkar Pertahanan Bali United, Eduardo Almeida Sebut Arema FC Layak Menang

Itu tergantung dari hasil laga Barito Putera kontra Persik Kediri di pekan ke-16. Andai Barito Putera menang, Persela akan turun ke zona merah.

Saat ini Persela ada di posisi ke-15 tabel klasemen Liga 1 2021/2022 dengan 13 poin dari 16 pertandingan, selisih satu angka dengan Barito Putera di peringkat ke-16 yang baru 15 kali bermain.

Susunan Pemain

Bhayangkara FC (4-2-3-1): Awan Setho; Putu Gede (Sani Rizki Fauzi 71'), Jajang Mulyana, Anderson Salles (Abdul Rahman 65'), Ruben Sanadi; T.M Ichsan (Arthur Bonai 65'), Hargianto (Muhammad Surya Maulana 80'); Adam Alis (Andik Vermansah 71'), Wahyu Subo Seto, Dendy Sulistyawan; Ezechiel N'Douassel.

Pelatih: Paul Munster (Irlandia Utara)

Persela Lamongan (4-3-3): Dwi Kuswanto; Ahmad Wahyudi, Muhammad Zaenuri, Demerson, Ahmad Birrul Walidain; Syahroni (Ahmad Bustomi 49'), Batata, Gian Zola; Malik Risaldi (Risqki Utomo 73'), Riyatno Abiyoso; Ivan Carlos.

Pelatih Interim: Ragil Sudirman dan Miftahul Hadi (Indonesia) 

Komentar