facebook

Kontroversi Indonesia vs Kamboja, Jelang Bentrok Piala AFF 2020

Rifan Aditya
Kontroversi Indonesia vs Kamboja, Jelang Bentrok Piala AFF 2020
Kontroversi Indonesia vs Kamboja, Jelang Bentrok Piala AFF 2020 - Pemain Timnas U-22 Marinus Wanewar (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) setelah membobol gawang Kamboja kedua kalinya dalam pertandingan Grup B Piala AFF U-22 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Jumat (22/2/2019). Timnas U-22 Indonesia menang dengan skor 2-0 atas Kamboja sehingga lolos ke semi final. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Apa saja kontroversi Indonesia vs Kamboja yang bakal bertemu hari ini di Piala AFF 2020?

Suara.com - Menjelang pertandingan Grup B Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Kamboja di Stadion Bishan, Kamis (9/12) sore hari ini, terdapat beberapa kontroversi yang pernah dialami oleh kedua tim saat bertanding. Apa saja kontroversi Indonesia vs Kamboja itu?

Meskipun Indonesia memiliki catatan pertandingan lebih baik dibandingkan Kamboja, tapi tetap ada kontroversi Indonesia vs Kamboja. Dalam 5 pertemuan terakhir Indonesia vs Kamboja, skuad Garuda tidak pernah kalah. Sementara itu, Kamboja mencatatkan Piala AFF merupakan pertandingan kedua mereka.

Berdasarkan catatan, Indonesia tidak pernah kalah dalam 16 kali pertemuan. Dalam 16 pertemuan tersebut Indonesia menang sebanyak 15 kali dan 1 kali imbang. Dalam catatan juga, Indonesia telah membobol gawang Kamboja sebanyak 74 kali dan hanya kebobolan 7 gol di setiap pertandingan.

Kemenangan terbesar Indonesia saat melawan Kamboja adalah kualifikasi Piala Dunia 1998 dan Piala Tiger 2004 dengan skor 8-0. Sayangnya di samping kesuksesan itu, kontroversi Indonesia vs Kamboja pun cukup menyita perhatian publik.

Baca Juga: Kejutan, Tottenham Hotspur Dukung Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Kontroversi Indonesia vs Kamboja 

Pada piala AFF, Indonesia bertemu 4 kali dengan seluruh kemenangan dipegang oleh skuad Garuda. Dalam pertemuan antara Indonesia vs Kamboja diwarnai dengan kontoversi.

1. Marinus Wanewar bikin gestur alat kelamin

Pada pertandingan SEA Games 2017, Indonesia unggul dengan skor 2-0 atas Kamboja. Saat bersamaan terjadi sebuah kontroversi yang dilakukan oleh striker Marinus Wanewar. Ia menunjukkan gestur alat kelamin yang memicu amukan pemain dan ofisial tim Kamboja.

Aksi tersebut dilatarbelakangi oleh aksi permainan kasar yang dilakukan oleh para pemain Kamboja. Kelakukan Marinus tersebut membuat pertandingan berakhir dengan keributan.

Baca Juga: 5 Pemain Senior Kamboja Ini Patut Diwaspadai Timnas Indonesia

2. Selebrasi kontroversi Marinus Wanewar 

Komentar