facebook

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022

Syaiful Rachman
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh usai membobol gawang Alanyaspor U-18 (dok. PSSI)

Piala AFF U-23 2022 akan digelar di Kamboja.

Suara.com - Shin Tae-yong akan kembali disibukkan dengan memimpin Timnas Indonesia di ajang internasional yakni kala mengikuti Piala AFF U-23 2022. Simak prediksi susunan pemain yang akan dipakai tim U-23 Merah Putih nanti.

Timnas Indonesia U-23 akan berlaga di Piala AFF U-23 2022 yang dijadwalkan akan bergulir pada 14 hingga 26 Februari 2022 di Kamboja.

Shin Tae-yong pun akan kembali memimpin Garuda Muda untuk menorehkan tinta emas dengan menjuarai ajang tersebut untuk kedua kalinya.

Kiper andalan Timnas Indonesia U-16, Ernando Ari Sutaryadi (kanan). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]
Kiper andalan Timnas Indonesia U-16, Ernando Ari Sutaryadi (kanan). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

Timnas Indonesia U-23 sendiri datang ke Piala AFF U-23 2022 dengan status juara bertahan. Garuda Muda berstatus juara bertahan usai merengkuh gelar pada 2019 lalu di bawah arahan Indra Sjafri.

Baca Juga: 5 Striker yang Bisa Jadi Pilihan Shin Tae-yong di Piala AFF U-23 2022, Ada Bagus Kahfi

Untuk mengikuti jejak Indra Sjafri dan mempertahankan gelar, mau tak mau Shin Tae-yong harus menyiapkan komposisi pemain terbaiknya dari setiap lini.

Sayangnya, untuk Piala AFF U-23 2022 juru taktik asal Korea Selatan itu tak akan memanggil pemain-pemain muda bernama besar seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman dan Elkan Baggott.

Pasalnya, Shin Tae-yong ingin ketiganya fokus terhadap karier mereka bersama klub masing-masing yang ada di benua Eropa.

Untuk itu, Shin Tae-yong pun akan mengandalkan pemain-pemain muda yang bermain di dalam negeri. Meski kalah pamor dari tiga pemain di atas, kualitas para pemain muda yang berkiprah di Liga 1 pun tak bisa dipandang remeh.

Untuk posisi kiper, Shin Tae-yong akan memberikan kesempatan untuk Ernando Ari Sutaryadi. Kiper muda milik Persebaya Surabaya ini memang menjadi andalan sejak Kualifikasi Piala Asia U-23 kala melawan Australia beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Tugas Bersama Timnas Indonesia Berakhir, Witan Sulaeman Ingin Fokus di Lechia Gdansk

Bahkan, Ernando juga sempat dimainkan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020. Dengan pengalaman itu, diyakini ia akan menjadi andalan di bawah mistar gawang.

Untuk posisi bek, Shin Tae-yong punya banyak opsi ciamik. Ada nama Bagas Kaffa yang menjadi starter di Barito Putera, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, dan Pratama Arhan yang jadi andalan di Piala AFF 2020.

Untuk sektor gelandang, ada nama Marselino Ferdinan yang melejit bersama Persebaya. Selain itu, ada Rachmat Irianto yang jadi pilar di Piala AFF 2020 dan juga Kanu Helmiawan yang membawa Persis Solo juara Liga 2 serta Hanis Saghara yang bisa dipasang di lini tengah.

Lalu di pos winger, Ramai Rumakiek kemungkinan besar akan jadi andalan di Piala AFF U-23 bersama rekan setimnya di Persipura Jayapura, Gunansar Mandowen.

Sedangkan untuk sektor paling vital yakni sektor penyerang, ada banyak pilihan yang bisa dipakai Shin Tae-yong sesuai kebutuhan tim.

Ada nama seperti Ronaldo Kwateh yang tampil apik di Timnas Indonesia U-19 serta Braif Fatari dan Taufik Hidayat yang mencuri perhatian bersama Persija Jakarta.

Jika dilihat dari opsi yang ada, Shin Tae-yong bisa memainkan formasi 4-1-4-1 agar lini tengah tetap seimbang baik dalam bertahan dan menyerang.

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2022.

Formasi (4-1-4-1):

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi
Bek: Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan
Gelandang: Rachmat Irianto
Gelandang: Gunansar Mandowen, Marselino Ferdinan, Hanis Saghara/Kanu Helmiawan, Ramai Rumakiek
Penyerang: Ronaldo Kwateh

[Penulis: Zulfikar Pamungkas]

Komentar