facebook

Timnas Malaysia Resmi Dilatih Kim Pan-gon, Shin Tae-yong Ikut Beri Respons

Arif Budi
Timnas Malaysia Resmi Dilatih Kim Pan-gon, Shin Tae-yong Ikut Beri Respons
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin anak asuhannya berlatih di di Stadion Bukit Gombak, Jumat (3/12/2021) (dok. PSSI)

Shin Tae-yong ikut buka suara soal langkah timnas Malaysia yang merekrut Kim Pan-gon.

Suara.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ikut merespons soal keputusan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) yang menunjuk pelatih asal Korea Selatan, Kim Pan-gon untuk menangani Malaysia.

FAM resmi merekrut Kim Pan-gon sebagai pelatih kepala timnas Malaysia pada Jumat (21/1/2022). Ia mendapatkan kontrak selama dua tahun.

Penunjukkan mantan Wakil Presiden KFA (Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan) ini membuat negara-negara Asia Tenggara seperti 'demam' untuk merekrut pelatih dari Negeri Gingseng tersebut.

Sebab sebelumnya timnas Vietnam yang pertama kali merekrut Park Hang-seo pada 2017. Kemudian skuad Garuda yang ditangani Shin Tae-yong sejak 2019.

Baca Juga: 10 Pemain Timnas Putri Australia yang Berkiprah di Liga Inggris

Kini Malaysia pun ditangani oleh pelatih asal Korea Selatan Kim Pan-gon. Melihat hal tersebut, Shin Tae-yong kemudian buka suara.

Kim Pan-gon saat masih jadi petinggi Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA). [AFP]
Kim Pan-gon saat masih jadi petinggi Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA). [AFP]

Menurutnya, ketekunan dan ketabahan orang Korea telah menarik minat dari Asia Tenggara agar bisa diimplementasikan ke dalam tim.

"Tampaknya ketekunan dan ketabahan yang unik dari orang Korea bisa melebur ke pemain Asia Tenggara," ucapnya seperti dikutip dari The JoongAng pada Sabtu (22/1/2022).

Dalam laporan itu misalnya mencontohkan pada awal kedatangan Shin Tae-yong di timnas Indonesia, para pemain tidak punya stamina yang bagus.

Pemain disebut ahanya berjalan sekitar 20 menit saja dan tidak memiliki tekad kuat untuk meraih kemenangan. Namun, di bawah asuhan pelatih berusia 51 tahun ini, semuanya terlihat berubah, khususnya di Ppiala AFF 2020.

Baca Juga: Hasil dan Klasemen Liga Inggris Pasca Duel Watford vs Norwich

Terlihat secara fisik pemain timnas Indonesia lebih mau bermain ngotot berlari dan punya mental yang bagus dari sebelumnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar