facebook

Piala Asia Wanita 2022: India Dicoret meski Berstatus Tuan Rumah, Ini Alasannya

Arief Apriadi
Piala Asia Wanita 2022: India Dicoret meski Berstatus Tuan Rumah, Ini Alasannya
Timnas putri India saat menghadapi Iran di laga perdana Grup A Piala Asia Wanita 2022. [Instagram@ indianfootball]

Timnas putri India baru memainkan satu pertandingan Grup A Piala Asia Wanita 2022 sebelum dicoret dari turnamen empat tahunan tersebut.

Suara.com - Tuan rumah Piala Asia Wanita 2022, India harus menerima kenyataan dicoret dari ajang empat tahunan tersebut. Apa alasannya?

Melansir laman AFC, Selasa (25/1/2022), timnas putri India dicoret dari Piala Asia Wanita 2022 karena masalah kesehatan. Mayoritas pemainnya dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Kabar ini menjadi perbincangan setelah India gagal melangsungkan pertandingan saat akan bertemu Taiwan di laga pertamanya di Piala Asia Wanita 2022, Minggu (23/01/22).

Tak bisa tampilnya tim putri India di laga melawan Taiwan sendiri tak lepas karena banyaknya pemainnya yang terpapar Covid-19.

Baca Juga: Kalah 4-0 dari Thailand, Pelatih Timnas Putri Indonesia Sebut Pemain Belum Punya Mental Bertanding di Internasional

Saking banyaknya, India tak bisa memenuhi aturan AFC pasal 4.1 di mana setiap tim harus memiliki setidaknya 13 pemain untuk bertanding.

Karena regulasi tersebut, India pun harus rela tersingkir dari ajang Piala Asia Wanita karena menyalahi aturan pasal 6.5.5 mengenai aturan kompetisi tersebut.

Alhasil, tersingkirnya India membuat grup A Piala Asia Wanita 2022 hanya akan menghadirkan tiga tim saja, yakni Iran, Taiwan, dan China.

Nasib nahas justru harus diterima Iran. Pasalnya, di laga pertama timnas putri Iran telah bertanding melawan India dan mampu meraih satu poin.

Akibat India tersingkir dari Piala Asia Wanita, poin yang didapat Iran pun turut dicabut sehingga saat ini harus terdampar di papan bawah klasemen grup A.

Baca Juga: Timnas Putri Jadi Bulan-bulanan Di Piala Asia 2022, Dalih Pelatih: Karena Kalah Mental

Sejatinya, poin ini sama dengan Taiwan. Hanya saja, Iran harus menerima terdampar di papan bawah karena baru saja tumbang dari China dan kebobolan tujuh gol tanpa balas.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar