facebook

Minus Kuartet Ini, Kekuatan Timnas Indonesia Berkurang Setengah

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Minus Kuartet Ini, Kekuatan Timnas Indonesia Berkurang Setengah
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menghadiri konferensi pers jelang pertandingan FIFA Matchday kontra Timnas Timor Leste. [dok. PSSI]

Timnas Indonesia dipastikan tanpa kuartet Asnawi, Egy, Witan dan Elkan pada laga FIFA Matchday kontra Timor Leste.

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui tanpa diperkuat Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman dan Elkan Baggott, kekuatan skuad Garuda berkurang hampir setengah.

Kuartet tersebut dipastikan absen saat Timnas Indonesia menjajal kekuatan Timor Leste dalam laga FIFA Matchday yang akan digelar dua kali di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, 27 dan 30 Januari 2022.

Adapun untuk Asnawi, Egy, dan Witan memang tidak dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk laga uji coba internasional resmi FIFA ini.

Asnawi sudah bergabung dengan klubnya, Ansan Greeners di Korea Selatan. Begitupun dengan Egy dan Witan yang kini jadi rekan setim di FK Senica di Liga Slovakia.

Baca Juga: Rekor Pertemuan Indonesia vs Timor Leste

Sementara Elkan yang sejatinya dipanggil, berhalangan hadir karena sedang sibuk bersama klubnya di Inggris, Ipswich Town.

"Empat pemain yang disebut tadi sangat berpengaruh untuk tim. Sampai Piala AFF 2020 kemarin mereka yang terbaik dan pemain inti," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang Timnas Indonesia vs Timor Leste, Rabu (26/1/2022).

Egy Maulana Vikri saat berlatih bersama Timnas Indonesia di Antalya, Turki (dok. PSSI)
Gelandang serang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (tengah). [dok. PSSI]

"Kalau bicara pengaruh (ketidakhadiran empat pemain itu), mungkin hampir setengah dari tim kami," sambung  juru taktik berpaspor Korea Selatan itu.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga mengungkap kemungkinan tidak ikutnya empat pemain tersebut di Piala AFF U-23 2022, yang akan dihelat di Kamboja pada Februari nanti.

Meski secara usia masih memenuhi syarat, namun Egy, Witan, Elkan, dan Asnawi terbentur perizinan klub lantaran kejuaraan tersebut berada di luar agenda FIFA.

Baca Juga: Fisik Timnas Indonesia Belum Maksimal, Tapi Siap Lawan Timor Leste

"Jadi untuk Piala AFF U-23 nanti kami harus melihat bagaimana perkembangan ke depannya," terang pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia tersebut.

"Tapi untuk mendapat prestasi terbaik, saya dan para pemain akan bekerja keras mempersiapkannya semuanya dengan baik. Kami tentu akan berusahan maksimal di AFF U-23 nanti," pungkasnya.

Adapun pertandingan menghadapi Timor Leste memang dijadikan sebagai persiapan menghadapi Piala AFF U-23 2022, meskipun timnas yang main berlabel timnas senior.

Oleh karena itu. Shin Tae-yong memboyong banyak pemain di bawah usia 23 tahun ketimbang pemain senior dalam skuad bermaterikan 27 pemain untuk laga kontra Timor Leste ini.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar