facebook

Gabung Tokyo Verdy, Adaptasi Jadi Fokus Utama Pratama Arhan saat Ini

Rully Fauzi
Gabung Tokyo Verdy, Adaptasi Jadi Fokus Utama Pratama Arhan saat Ini
Pratama Arhan. [dok. PSIS Semarang]

"Kalau adaptasi saya yakin lama-kelamaan pasti akan terbiasa juga," kata bintang Timnas Indonesia itu.

Suara.com - Bintang Timnas Indonesia, Pratama Arhan menyatakan siap beradaptasi terhadap kondisi dan lingkungan di Jepang ketika ia bergabung bersama klub J2 League, Tokyo Verdy nanti. Hal tersebut jadi fokus utamanya.

Arhan akan segera memulai karier baru di Jepang. Sang bek sayap pun mengakui perlu kerja keras lagi agar bisa bersaing masuk skuad utama tim divisi dua Liga Jepang itu.

Namun hal yang paling penting nanti adalah bagaimana dia bisa menyesuaikan diri dengan kondisi dan sistem kompetisi di Negeri Sakura.

"Untuk adaptasi saya sangat siap, saya juga sangat siap bersaing di sana. Kalau adaptasi saya yakin lama-kelamaan pasti akan terbiasa juga. Ya, adaptasi itu jadi fokus utama saya saat ini," kata Arhan seperti dimuat Antara, Jumat (4/3/2022).

Baca Juga: Terungkap, Ini Alasan Pratama Arhan Pilih Nomor Punggung 38 di Tokyo Verdy

"Untuk jadi pemain inti tentu harus beradaptasi dulu. Seiring berjalannya waktu nanti pasti bakal mendapat menit bermain, tapi saya akan kerja keras untuk dapat menit bermain dan menjadi pemain inti," sambung eks bintang PSIS Semarang itu.

Proses adaptasi juga menjadi pesan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kepada Arhan. Iriawan meminta pemain berusia 20 tahun itu bisa segera menyesuaikan diri terhadap budaya dan iklim Jepang.

Iriawan menyebut pernah ada pemain Indonesia yang sebelumnya juga bermain di klub Jepang, namun tidak bertahan lama karena tak bisa beradaptasi dengan suhu dingin di sana.

"Iklimnya (di Jepang) luar biasa. Kalau musim dingin, dingin sekali. Pemain kita pernah ada yang bermain di sana cuma bertahan enam bulan karena tidak kuat suhu dingin. Tapi saya kira kamu (Arhan) kuat di sana," tutur Iriawan.

"Saya menunggu kamu bisa mencetak gol di Tokyo Verdy dan membawa tim naik ke Liga 1 (kasta tertinggi kompetisi Liga Jepang," tukas pria yang akrab disapa Iwan Bule.

Baca Juga: Emil Audero Mulyadi Masih Ragu Bela Timnas Indonesia, Netizen Ikut Turun Tangan Membujuknya

Sejak resmi diperkenalkan sebagai rekrutan baru Tokyo Verdy, Pratama Arhan hingga saat ini belum bisa berangkat ke Jepang karena masih harus menyelesaikan pengurusan visa serta surat izin masuk Jepang khusus pengunjung asing.

Agen Arhan memperkirakan kliennya itu akan terbang ke Jepang dalam 6-7 hari ke depan.

Komentar