facebook

Louis van Gaal Menderita Kanker Prostat, Bagaimana Nasib Timnas Belanda?

Arief Apriadi
Louis van Gaal Menderita Kanker Prostat, Bagaimana Nasib Timnas Belanda?
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal. [Gints Ivuskans / AFP]

Louis van Gaal sebelumnya menutup-nutupi penyakit itu demi tak membebani pikiran para pemain timnas Belanda.

Suara.com - Pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal telah mengungkapkan bahwa dirinya menderita kanker prostat. Lalu bagaimana nasib timnas Belanda jelang Piala Dunia 2022 Qatar?

Louis van Gaal yang kini berusia 70 tahun, mengungkapkan bahwa dia menderita kanker prostat dalam sebuah acara televisi Belanda, Humberto pada Minggu (3/4/2022).

Mantan pelatih Manchester United itu mengaku telah 25 kali menjalani perawatan radiasi, tetapi sebelum ini, dia merahasiakan penyakitnya agar para pemain tetap fokus menjalani persiapan.

"Saya pikir Anda tidak memberi tahu orang-orang yang bekerja dengan Anda seperti itu karena itu mungkin memengaruhi pilihan mereka, keputusan mereka. Jadi saya pikir mereka seharusnya tidak tahu," kata Louis van Gaal dikutip dari Goal Internasional, Senin (4/4/2022).

Baca Juga: Putin Diisukan Idap Kanker Tiroid, Wajah Bengkak hingga Mandi Darah Tanduk Rusa?

"Anda tidak mati karena kanker prostat, setidaknya tidak dalam 90 persen kasus."

"Biasanya penyakit lain yang mendasari yang membunuhmu. Tapi aku punya bentuk yang cukup agresif, mendapat penyinaran 25 kali. Kemudian Anda memiliki banyak manajemen yang harus dilakukan untuk menjalani hidup."

Van Gaal mengaku sejauh ini mendapatkan perawatan terbaik di rumah sakit. Meski mengidap kanker, dia berencana untuk tetap memimpin timnas Belanda di Piala Dunia 2022.

"Ini bagian dari hidup saya. Saya telah melalui begitu banyak dalam hidup saya, sakit dan mati, saya mungkin menjadi lebih kaya sebagai pribadi karena semua pengalaman itu," beber Van Gaal.

Van Gaal yang sempat mengumumkan pensiun sebagai pelatih pada 2017 silam, kembali ditunjuk timnas Belanda pada Agustus 2021 lalu. Ini merupakan periode ketiga dia melatih Belanda sebelum 2000-2002 dan 2012-2014.

Baca Juga: Anthony Elanga Jadi Bahan Ejekan usai Viral Tekel Marcus Rashford yang Nyaris Cetak Gol

"Sepak bola Belanda selalu dekat di hati saya dan kepelatihan nasional menurut saya merupakan posisi kunci untuk kemajuan sepak bola kita lebih lanjut. Apalagi, saya menganggap suatu kehormatan untuk melatih tim nasional Belanda," kata Van Gaal ketika kembali ditunjuk menjadi juru taktik The Oranje.

Komentar