facebook

Debut di Usia 19 Tahun, Elkan Baggott Bikin Kiper Ipswich Town Kagum

Arif Budi
Debut di Usia 19 Tahun, Elkan Baggott Bikin Kiper Ipswich Town Kagum
Bek Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott, mencetak satu gol saat Ipswich Town menang 3-2 atas Sheffield United U-18 dalam laga perempat final FA Youth Cup 2020/2021, Sabtu (1/5/2021). (Dok. Ipswich Town)

Kiper Ipswich Town tak mengira Elkan Baggott masih berusia 19 tahun.

Suara.com - Bek timnas Indonesia, Elkan Baggott, membuat kagum rekan setimnya di Ipswich Town. Pemain keturunan Inggris-Indonesia ini menjalani debut di tim utama saat usianya 19 tahun.

Elkan Baggott menjadi orang Indonesia pertama yang menjalani pertandingan di sepak bola profesional Inggris. Hal itu dicatatkan usai dirinya debut bersama Ipswich Town ketika menghadapi Rotherham United pada 16 April lalu.

Pada pertandingan itu, tim berjuluk The Tractor Boys kalah tipis dengan skor 0-1 dari Rotherham United. Meski kalah, debut Elkan Baggott tetap mendapatkan pujian.

Menukil dari data WhoScored, pemain berpostur 1,94 meter ini membuat 51 sentuhan, terbanyak kedua di tim Ipswich Town. Elkan juga menguasai bola sebanyak 7,1 persen.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Disebut Alami Kerugian Tak Terduga saat TC di Korea Selatan

Bek yang lahir di Bangkok ini mencatatkan empat sapuan, melakukan satu intersep, dan berhasil memenangkan satu duel udara. Catatan itu membuat Elkan dipuji karena tampil solid di laga debutnya.

Salah satu kekaguman terhadap pemain yang punya paspor Indonesia ini dilontarkan oleh kiper Ipswich Town bernama Christian Walton. Kiper berusia 26 tahun itu takjub dengan Elkan yang masih berusia 19 tahun.

Respons Elkan Baggott usai debut di Ipswich Town. (Instagram/elkanbaggott)
Respons Elkan Baggott usai debut di Ipswich Town. (Instagram/elkanbaggott)

"Ini bukan pertandingan yang mudah untuk debut liga Anda. Kami menghadapi salah satu tim top di liga yang memiliki kekuatan fisik, memainkan banyak bola panjang, dan berbahaya dalam set play," ucap Walton dikutip dari situs resmi klub pada Selasa (19/4/2022).

"Dia (Baggott) melakukan sebaik yang bisa dilakukan. Itu hal besar untuk dirinya sendiri, jadi dia punya kepercayaan besar dari itu. Dia anak yang hebat," sambungnya lagi.

Christian Walton menambahkan bahwa ia tak menyangka bahwa Elkan Baggott masih berusia 19 tahun. Hal itu karena pemain Indonesia ini punya postur besar.

Baca Juga: 5 Alasan Timnas Indonesia U-23 Bisa Raih Emas SEA Games 2021

"Saya sebenarnya tidak benar-benar tahu seberapa muda dia karena sangat tinggi. Tapi dia baru berusia 19 tahun dan melakukannya dengan sangat baik," imbuhnya.

Komentar