facebook

Menyibak Alasan Klub Sering Rahasiakan Nominal Biaya Transfer Pemain

Reky Kalumata
Menyibak Alasan Klub Sering Rahasiakan Nominal Biaya Transfer Pemain
Ilustrasi bola dalam lapangan.[Jarmoluk/pixabay.com]

Biasanya, nominal transfer yang diulas oleh media-media hanyalah perkiraan menurut sumber

Suara.com - Bursa transfer pemain antarklub selalu menyajikan kejutan-kejutan menarik, termasuk perkiraan biaya transfer yang sering kali ditaksir mencapai triliunan rupiah.

Sebab, nominal ini menjadi salah satu bahan pembahasan yang menarik dalam setiap perpindahan pemain dalam bursa transfer.

Meskipun demikian, jarang sekali klub-klub yang secara terang-terangan mengungkap biaya atau nominal harga yang dikeluarkan untuk mendatangkan pemain tersebut.

Biasanya, nominal transfer yang diulas oleh media-media hanyalah perkiraan menurut sumber. Angka ini bukan nominal sebenarnya karena pihak klub menutupnya rapat-rapat.

Baca Juga: Christian Eriksen Nantikan Pergerakan Manchester United di Bursa Transfer Sebelum Memutuskan Merapat

Pada tahun 2013, misalnya, situs resmi Liga Primer Inggris hanya merilis lima biaya transfer dari 115 transfer yang berlangsung. Artinya, ada 110 pemain yang biaya perpindahannya masih rahasia.

Biasanya, transfer-transfer yang melibatkan pemain bintang ini tak pernah diungkap nominalnya. Ini termasuk kesepakatan antara klub penjual dan pembeli, serta agen dan pemainnya juga.

Dengan demikian, saat ada klub pembeli dan penjual dalam bursa transfer yang enggan merilis nominalnya, maka hal ini biasanya disebut sebagai ‘nominal transfer yang dirahasiakan’.

Situasi lain yang biasanya juga menyebabkan tertutupnya biaya transfer kepada publik ialah lantaran keinginan dan pengajuan yang ditawarkan oleh agen pemain yang bersangkutan.

Sebetulnya, ada sejumlah keuntungan andai kedua belah pihak sepakat untuk menggunakan model nominal transfer yang dirahasiakan tersebut.

Baca Juga: Ditikung Chelsea dalam Perburuan Raphinha, Arsenal Kini Fokus Boyong Lisandro Martinez

Salah satunya yakni pemain yang terlibat tidak menghadapi tekanan dan bisa bermain secara lepas karena tak dibebani label transfer yang melibatkan nominal yang fantastis.

Komentar