facebook

Klasemen Akhir Grup Piala AFC 2022: PSM Makassar Lolos Sebagai Juara Grup, Bali United Tersingkir

Arief Apriadi
Klasemen Akhir Grup Piala AFC 2022: PSM Makassar Lolos Sebagai Juara Grup, Bali United Tersingkir
Pemain PSM Makassar, Wiljan Pluim (kanan). [ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto]

Berikut klasemen akhir grup Piala AFC 2022.

Suara.com - Klasemen akhir fase grup Piala AFC 2022 sudah bisa diketahui setelah seluruh matchday terakhir rampung dimainkan pada Kamis (30/6/2022) malam WIB. Dua wakil Indonesia mendapat hasil berbeda.

PSM Makassar yang tergabung di Grup H Piala AFC 2022 dipastikan lolos ke babak semifinal zona ASEAN setelah mengakhiri fase grup sebagai pemuncak klasemen.

PSM Makassar memuncaki klasemen setelah mengoleksi empat poin dari dua pertandingan dengan rincian satu kemenangan atas Tampines Rovers (3-1) serta imbang tanpa gol kontra tuan rumah Kuala Lumpur City.

Klub yang disebutkan terakhir juga berhasil lolos ke semifinal Piala AFC 2022 zona ASEAN berkat kemenangan atas Tampines Rovers di laga terakhirnya.

Baca Juga: Borneo FC Bakal Hadapi PSM Makassar di Babak 8 Besar Piala Presiden 2022, Catat Tanggalnya!

Kemenangan 2-1 atas wakil Singapura membuat Kuala Lumpur City turut mengoleksi empat poin seperti PSM Makassar. Namun, mereka harus puas duduk di tempat kedua karena kalah jumlah selisih gol.

Kuala Lumpur City lolos dengan status runner-up terbaik dari fase grup zona ASEAN, mengalahkan Visakha FC selaku runner-up Grup G dan Hougang selaku runner-up Grup I.

Sebagaimana diketahui, perbedaan jumlah peserta tim di ketiga grup, di mana Grup H cuma diisi tiga klub alih-alih empat, membuat AFC menyematkan aturan baru.

Aturannya adalah, hasil di laga kontra penghuni dasar klasemen Grup G dan I tidak dianggap. Visakha FC yang kalah 1-5 dari Kedah FC di laga terakhirnya hanya mengoleksi enam poin.

Jumlah poin itu jelas kalah dari Kuala Lumpur City FC. Sebelum dipermalukan Kedah FC, Visakha FC mengalahkan Kaya FC dan Bali United. Namun, poin kontra Kaya FC yang menghuni dasar klasemen tidak dihitung sehingga wakil Kamboja itu cuma mengakhiri fase grup dengan koleksi tiga poin.

Baca Juga: Piala AFC 2022: Pelatih Kaya FC Iloilo Klaim Sudah Tahu Kelemahan Bali United

Hal yang sama berlaku untuk Hougang di Grup I. Kekalahan dari Viettel di matchday terakhir membuat perolehan poin mereka tak berubah alias cuma enam hasil dua kemenangan atas Phnom Penh Crown dan Young Elephant.

Komentar