Sergio Aguero Resmi Dinaturalisasi Malaysia, Ancaman untuk Timnas Indonesia

Arief Apriadi
Sergio Aguero Resmi Dinaturalisasi Malaysia, Ancaman untuk Timnas Indonesia
Sergio Aguero Malaysia. (Instagram/sergio.aguero14)

Sergio Aguero kini memungkinkan untuk didaftarkan Timnas Malaysia di ajang Piala AFF 2022.

Suara.com - Pesepak bola Argentina, Sergio Aguero resmi mendapat kewarganegaraan Malaysia dan bisa didaftarkan untuk tampil di Piala AFF 2022. Hal itu jadi alarm bahaya bagi Timnas Indonesia.

Sergio Aguero, yang namanya identik dengan legenda Manchester City itu merupakan pemain milik klub Malaysia, Sri Pahang. Proses naturalisasinya berjalan sukses sejak diajukan pada awal 2021 lalu.

Melansir laman resmi Malaysian Football League (MFL), Sergio Aguero sudah resmi menjadi warga negara Malaysia dengan metode tinggal selama lima tahun berturut-turut.

MFL juga sudah merestui pengajuan Sri Pahang agar Sergio Aguero berubah status dari pemain asing menjadi pemain lokal di Liga Malaysia.

Baca Juga: Dinilai Tak Mengerti Bola, Shin Tae-yong Balas Pernyataan Thomas Doll

"Liga Sepak Bola Malaysia (MFL) hari ini mengumumkan bahwa permohonan Sri Pahang FC untuk mendaftarkan dua pemain yang dinaturalisasi sebagai pemain lokal telah disetujui," demikian pernyataan MFL selaku operator Liga Malaysia dalam laman resminya, Kamis (8/9/2022).

"Dan amandemen Pasal 3.4.9(ii) Peraturan Kompetisi, Pedoman Liga Malaysia segera diberlakukan untuk menghindari konflik antara Konstitusi Malaysia dan kompetisi Rules MFL."

Sergio Aguero Malaysia. (Instagram/sergio.aguero14)
Sergio Aguero Malaysia. (Instagram/sergio.aguero14)

"Keputusan itu diambil melalui persetujuan Dewan Direksi MFL yang menyetujui banding Sri Pahang FC untuk mendaftarkan pemain naturalisasi Lee Tuck (Inggris) dan Sergio Aguero (Argentina) sebagai pemain lokal di Liga Malaysia 2022."

Pemain bernama lengkap Sergio Fabian Ezequiel Aguero dianggap bukanlah pemain dengan kemampuan di atas rata-rata dan kerap dipandang sebelah mata oleh para fans sepak bola Malaysia, sebagaimana mengutip The Thao 247.

Sergio Aguero lahir pada 1994 dan mengawali karier sebagai gelandang serang di kampung halamannya, Argentina, sebelum berkarier di Malaysia sejak 2017 silam.

Baca Juga: Shin Tae-yong Mohon-mohon ke Persija untuk Lepas Pemain ke TC Timnas Indonesia U-20

Dia pernah bermain untuk Melaka United, Selangor, Penang, Kuala Lumpur Rovers dan saat ini bermain untuk Sri Pahang.

Keberhasilan Sergio Aguero menjadi pemain naturalisasi membuat Timnas Malaysia memiliki opsi lebih untuk memilih pemain yang akan dibawa ke Piala AFF 2022.

Piala AFF 2022 akan berlangsung akhir tahun ini. Kompetisi sepak bola terakbar Asia Tenggara itu disebut bakal kembali menggunakan format kandang dan tandang.

Piala AFF edisi yang akan datang juga menampilkan warna baru. Kali ini, judul turnamen akan berubah menjadi AFF Mitsubishi Electric Cup 2022.