Timnas Spanyol vs Kosta Rika di Laga Perdana Piala Dunia 2022, Luis Enrique Masih Dihinggapi Keraguan

Syaiful Rachman
Timnas Spanyol vs Kosta Rika di Laga Perdana Piala Dunia 2022, Luis Enrique Masih Dihinggapi Keraguan
Pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique (tengah) berfoto saat pengundian Piala Dunia 2022 di Qatar di Doha Exhibition and Convention Center pada 1 April 2022. FRANCKFIFE/AFP

Timnas Spanyol akan menghadapi Kosta Rika di Al Thumama Stadium.

Suara.com - Timnas Spanyol akan menjalani pertandingan Piala Dunia 2022 pertama mereka di Grup E melawan Kosta Rika pada Rabu, 23 November 2022, di Al Thumama Stadium.

Selain Kosta Rika dan Timnas Spanyol, Grup E juga diisi oleh Jerman dan Jepang. Jerman dan Jepang juga akan berhadapan di hari yang sama.

Jerman jelas merupakan saingan utama dalam hal nama besar, namun Jepang tidak akan mudah menyerah. Begitu pula dengan Spanyol yang akan meladeni Kosta Rika.

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique (tengah) memimpin sesi latihan timnya jelang laga semifinal UEFA Nations League kontra Italia di San Siro, Milan. [FRANCK FIFE / AFP]
Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique (tengah) memimpin sesi latihan timnya jelang laga semifinal UEFA Nations League kontra Italia di San Siro, Milan. [FRANCK FIFE / AFP]

Pelatih Spanyol Luis Enrique membidik kemenangan di laga perdana tersebut. Karena jika gagal meraup poin penuh di laga pertama, La Furia Roja akan menjalani dua laga kontra Jerman dan Jepang dengan penuh tekanan.

Baca Juga: 'Jeratan' PSG Halangi Lionel Messi Supaya Tidak Kembali Pulang ke Barcelona

Dilaporkan Marca, Jumat (18/11/2022), Luis enrique telah memutuskan delapan dari starting XI-nya dan hanya memiliki tiga keraguan; satu di pertahanan dan dua di serangan.

Unai Simon akan mulai di bawah mistar, dengan Jordi Alba, Dani Carvajal dan Aymeric Laporte di barisan pertahanan.

Ketiga bek tersebut dipastikan akan berlaga, sedangkan untuk satu bek terakhir Enrique kemungkinan akan memilih salah satu dari Pau Torres atau Eric Garcia untuk dipasangkan dengan Laporte.

Di lini tengah, akan ada trio Barcelona Sergio Busquets, Pedri dan Gavi. Di depan mereka, ada Alvaro Morata yang menempati posisi nomor sembilan.

Untuk mengapitnya, Luis Enrique dapat memilih dari dua dari tujuh opsi. Terlepas dari performa bagus, Nico Williams dan Yeremy Pino kemungkinan akan tetap sebagai pemain pengganti.

Baca Juga: Lionel Messi Ungkap Satu Penyesalan di Piala Dunia 2022, Singgung Louis van Gaal

Marco Asensio telah tiba di Qatar dalam performa yang baik, tetapi sejauh ini telah digunakan hampir secara eksklusif di lini tengah, di mana Morata akan bermain.

Pablo Sarabia, Dani Olmo, Ansu Fati dan Ferran Torres akan memperebutkan posisi lainnya.

Luis Enrique sering menunjukkan preferensi untuk Dani Olmo, yang memberikan kemampuan untuk bergerak ke lini tengah dan melewati garis.

Sama halnya Ansu Fati mungkin adalah opsi terbaik untuk memberikan ancaman ke gawang lawan, mengingat ketajaman lini depan Spanyol belum konsisten.

Penampilan Ferran Torres di Spanyol tidak pernah diragukan seperti di Barcelona, jadi mungkin dia memiliki peluang terbaik untuk menjadi starter melawan Kosta Rika.

Tapi, jika melihat cara Luis Enrique berstrategi dan meramu taktik, eks pelatih Barcelona itu dipastikan akan memilih pemain mana yang menurutnya paling baik dalam mengeksploitasi blok dalam Kosta Rika.