Berikut 10 Negara Peserta Piala Dunia 2022 yang Memiliki Ranking FIFA Terbaik

Reky Kalumata
Berikut 10 Negara Peserta Piala Dunia 2022 yang Memiliki Ranking FIFA Terbaik
Arsip - Neymar (kedua kanan) melakukan selebrasi usai cetak gol kedua Brazil dalam pertandingan perdana Copa America 2021 lawan Venezuela di Mane Garrincha Stadium, Brasilia pada 14 Juni 2021. ANTARA/AFP/NELSON ALMEIDA/pri.

yaris seluruh negara yang menduduki urutan teratas di 10 besar rangking FIFA ikut Piala Dunia 2022

Suara.com - Perhelatan Piala Dunia 2022 akan menampilkan tim-tim terbaik di dunia. Setidaknya, hampir semua kontestan yang merajai rangking FIFA akan ikut berpartisipasi di ajang ini.

Nyaris seluruh negara yang menduduki urutan teratas di 10 besar rangking FIFA akan berpartisipasi pada Piala Dunia 2022. Satu-satunya yang absen pada ajang ini ialah Italia, yang berposisi di peringkat keenam FIFA.

Sampai saat ini, urutan puncak masih dipegang oleh Brasil. Mereka berada di pucuk rangking FIFA dengan perolehan 1841.3 poin. Status ini semakin mempertegas bahwa Negeri Samba adalah kontestan yang diunggulkan.

Pasalnya, mereka menjadi negara dengan koleksi gelar juara Piala Dunia terbanyak. Sampai saat ini, rekor lima juara itu belum bisa disaingi oleh negara mana pun.

Baca Juga: Inilah 30 Pemain yang Dipanggil Shin Tae Yong untuk TC Piala Dunia U-20

Brasil yang berada di urutan teratas disusul oleh Belgia yang kini duduk di peringkat kedua. Belgia mengoleksi 1816.71 poin dan unggul jauh atas Argentina yang menguntit di urutan ketiga.

Menariknya, Brasil dan Argentina yang berada di urutan tiga teratas menjadi kontestan yang berasal dari luar Eropa. Pasalnya, negara-negara asal Benua Biru cukup dominan di 10 besar.

Hal ini terbukti dengan munculnya Prancis, Inggris, Italia, Spanyol, Belanda, Portugal, dan Denmark, yang berturut-turut menghiasi daftar teratas. Khusus untuk Denmark, mereka tidak berada di urutan 10 besar ranking FIFA karena duduk di posisi ke-11.

Pada edisi kali ini, UEFA tercatat sebagai Konfederasi yang paling banyak mengirimkan anggotanya ke PIala Dunia 2022. Sebab, ada 13 negara yang mewakili Benua Biru di perhelatan akbar ini.

Selain nama-nama kontestan yang sudah disebutkan sebelumnya, masih ada Polandia, Serbia, Swiss, dan Wales, yang juga akan berpartisipasi di ajang empat tahunan ini.

Baca Juga: Kisah Tristan Gooijer, Pemain Keturunan Indonesia yang Pernah Satu Tim dengan Lisandro Martinez

Selanjutnya, Konfederasi kedua yang mengirimkan perwakilan terbanyak ialah AFC. Terdapat enam kontestan asal Benua Kuning, yakni Arab Saudi, Australia, Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar yang berstatus sebagai tuan rumah.