Hasil Piala Dunia 2022: Tumbangkan Brasil 1-0, Kamerun Tersingkir dengan Kepala Tegak

Rully Fauzi
Hasil Piala Dunia 2022: Tumbangkan Brasil 1-0, Kamerun Tersingkir dengan Kepala Tegak
Suasana laga Piala Dunia 2022 antara Kamerun vs Brasil di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. [NELSON ALMEIDA / AFP]

Gol tunggal Kamerun di laga ini dicetak striker Vincent Aboubakar.

Suara.com - Timnas Kamerun meraih kemenangan bersejarah atas Timnas Brasil dengan skor 1-0 pada laga pamungkas Grup G Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB. Sayang, kemenangan ini tidak cukup untuk membawa Kamerun ke babak 16 besar.

Gol tunggal Kamerun pada laga ini dicetak Vincent Aboubakar di menit ke-90+2 injury time, yang kemudian berlanjut dengan kartu kuning kedua alias kartu merah untuk striker kawakan dan kapten Kamerun itu lantaran melepas kausnya saat melakukan selebrasi gol.

Namun, kemenangan 1-0 ini tak cukup untuk membawa Kamerun lolos ke fase gugur. The Indomitable Lions --julukan Timnas Kamerun-- hanya bisa finis di peringkat ketiga klasemen akhir Grup G dengan 4 poin dari tiga laga.

Ini lantaran di laga Grup G lainnya yang dimainkan di waktu bersamaan, Swiss memenangi laga sengit kontra Serbia dengan skor 3-2.

Baca Juga: Profil Rodney Goncalves, Eks Pelatih Philippe Coutinho yang Dipecat Barito Putera

Swiss keluar sebagai runner-up Grup G dengan 6 poin, hanya kalah selisih gol dari Brasil yang lolos sebagai juara grup.

Brasil sendiri, yang menurunkan tim pelapisnya pada laga ini, harus rela rekor sempurna mereka rusak usai di dua laga awal Grup G menyapu bersih kemenangan.

Highlight Pertandingan

Di Stadion Lusail, Brasil tampil dominan sejak menit awal. Sementara Kamerun praktis mengandalkan counter-attack cepat.

Duo Brasil yang bermain untuk Manchester United, Antony dan Fred pun mengancam. Namun, bola masih melebar dari sasaran.

Baca Juga: Lionel Messi Ungkap Satu Penyesalan di Piala Dunia 2022, Singgung Louis van Gaal

Menit ke-14, Fred mengirim umpan matang kepada Gabriel Martinelli. Namun, tandukan Martinelli masih mampu diantisipasi penjaga gawang Kamerun, Devis Epassy.

Sampai menit ke-30, Brasil tetap dominan, khususnya dalam penguasaan bola. Akan tetapi, peluang bersih sulit didapatkan 'tim B' Selecao --julukan Timnas Brasil-- asuhan pelatih Tite sejauh ini.

Menit ke-37, tembakan Antony masih lemah sehingga berhasil ditangkap Devis Epassy.

Ancaman kembali dilancarkan Brasil melalui tembakan Gabriel Martinelli dan Rodrygo di penghujung paruh pertama. Namun, masih belum membuahkan hasil.

Kamerun membalas melalui tandukan Bryan Mbeumo, namun masih mampu di-tip kiper kedua Brasil, Ederson. Tidak ada gol tercipta hingga paruh pertama usai.

Di babak kedua, Brasil masih aktif menyerang Kamerun. Meski demikian, Kamerun juga bukan tanpa perlawanan. Ancaman-ancaman juga dihadirkan tim besutan Rigobert Song tersebut.

Gol yang ditunggu-tunggu Kamerun akhirnya baru datang pada injury time. Menit ke-90+2, Ngom Mbekeli mengirim umpan matang dan langsung ditanduk oleh Vincent Aboubakar.

Uniknya, Vincent Aboubakar langsung diganjar kartu merah usai mencetak gol. Striker kawakan Kamerun itu itu diganjar kartu kuning kedua karena berselebrasi dengan melepas jersey.

Sampai peluit panjang ditiup wasit, Kamerun berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 mereka. Sayang, kemenangan ini tak cukup untuk membawa The Indomitable Lions melangkah ke babak selanjutnya.

Meski demikian, para penggawa Kamerun layak pulang dari Qatar dengan kepala tegak. Pasalnya, Kamerun adalah satu-satunya tim dari Afrika yang sukses mengalahkan Brasil di sepanjang sejarah Piala Dunia!

Susunan Pemain

Timnas Kamerun XI (4-3-3): Devis Epassy; Nouhou Tolo, Christopher Wooh, Enzo Ebosse, Collins Fai; Pierre Kunde, Nicolas Moumi, Zambo Anguissa; Choupo-Moting, Bryan Mbuemo, Vincent Aboubakar.

Pelatih: Rigobert Song (Kamerun)

Timnas Brasil XI (4-2-3-1): Ederson; Alex Telles, Bremer, Eder Militao, Dani Alves; Fabinho, Fred; Gabriel Martinelli, Rodrygo, Antony; Gabriel Jesus.

Pelatih: Tite (Brasil)