"An Inconvenient Sequel", Cara Al Gore Lawan Pemanasan Global

Chaerunnisa | Firsta Nodia
"An Inconvenient Sequel", Cara Al Gore Lawan Pemanasan Global
An Inconvenient Sequel

Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat, Al Gore melawan pemanasan global dalam "An Inconvenient Sequel".

Suara.com - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat, Al Gore, kembali membuat lanjutan film "An Inconvenient Truth" yang berhasil memenangkan penghargaan bergengsi, Oscar. Dalam film berjudul "An Inconvenient Sequel: Truth To Power", Gore kembali mengingatkan dunia berada di ambang kehancuran seiring dengan pemanasan global yang terus meningkat.

Hal ini didukung dengan laporan bahwa suhu bumi mencatatkan rekor tertinggi selama tiga tahun terakhir. Dalam film itu, Gore menunjukkan data baru yang mengejutkan dan potongan gambar yang membuktikan bahwa alam berubah.

Film bergenredokumenter ini juga memperlihatkan grafik bagaimana hari demi hari suhu bumi menjadi lebih panas. Gore seakan ingin membuat penonton terkejut atas apa yang terjadi di bumi.

Rekaman demi rekaman yang menunjukkan perubahan bumi diambil oleh sebuah satelit bernama Dscvr yang dibuat pada era kepemimpinan Bill Clinton.

Sayang, proyek ini dihentikan pada masa kepemimpinan George W. Bush. Itu membuat perusahaan-perusahaan energi protes, karena mereka membutuhkan gambar yang diambil Dscvr terkait dampak dari badai matahari.

Hingga akhirnya Bush setuju untuk kembali menghunakan Dscvr. Namun, setelah alat yang dapat menangkap perubahan iklim dicabut.

Potongan adegan ini memperlihatkan bahwa meski masyarakat berjuang untuk menjaga lingkungannya, pada gilirannya perubahan tergantung pada keputusan yang diambil oleh pemimpin-pemimpin mereka.

Beberapa kondisi perubahan iklim coba ditangkap Gore melalui petualangannya di berbagai dunia. Dia menemukan, banjir di Miami merupakan akibat dari es yang mencair.

Hingga akhirnya film mengerucut pada konferensi iklim di Paris pada 2015 lalu di mana berbagai bangsa di dunia akhirnya bersatu, menandatangani kesepakatan untuk mengurangi pemanasan global.

Di sepanjang film ini banyak momen pribadi maupun publik tentang Gore yang lucu dan getir yang mengingatkan kita bahwa walaupun berisiko tinggi, bahaya perubahan iklim bisa diatasi dengan akal dan semangat manusia.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS