Tragedi di Balik Zombie, Lagu Paling Masyhur dari The Cranberries

Liberty Jemadu
Tragedi di Balik Zombie, Lagu Paling Masyhur dari The Cranberries
Vokalis grup band The Cranberries, Dolores O'Riordan beraksi dalam sebuah konser di San Jordi Club, Barcelona, Spanyol pada 4 Oktober 2012. [AFP/Josep Lago]

The Cranberries menyisipkan pesan penting yang masih aktual hingga saat ini dalam lagu Zombie.

Suara.com - Kematian Dolores O'Riordan, vokalis grup band The Cranberries, meninggalkan duka mendalam bagi dunia musik pada umumnya, secara khusus para penggemar yang tumbuh diiringi lagu-lagu balada semacam Ode to My Family serta Zombie dan di era 1990an.

Lagu yang disebut terakhir, Zombie, sering dipandang sebagai mahakarya The Cranberries, band rock Irlandia yang dikenal dengan nada-nada getir, yang semakin menyayat dengan suara khas O'Riordan.

Zombie sendiri lahir dari tragedi.

Seperti yang diwartakan BBC, Zombie diciptakan oleh O'Riordan setelah mendengar peristiwa pengeboman yang menewaskan dua orang anak di Warrington, Cheshire, Inggris pada Maret 1993.

Jonathan Ball, yang baru berusia 3 tahun dan Tim Parry berusia 12 tahun tewas akibat dua buah bom yang diledakkan oleh Irish Republican Army (IRA), sebuah kelompok separatis yang ingin memisahkan Irlandia Utara yang warganya mayoritas beragama Katolik dari Inggris.

O'Riordan, yang ketika peristiwa itu terjadi sedang mengelar konser, sangat sedih dan terpukul.

"Saya ingat sedang melihat salah satu ibu dari para korban di televisi, saya sangat terpukul," kata dia kepada majalah Vox pada 1994.

"Saya sangat sedih melihatnya, dia yang telah mengandung anak itu selama sembilan bulan... lalu beberapa bajingan datang dan melakukan serangan itu," kata O'Riordan.

Ia secara khusus merasa kesal karena IRA, yang dikenal sebagai kelompok teroris di Eropa, mengklaim bahwa serangan itu dilakukan atas nama Irlandia.

"IRA bukan saya. Saya bukan IRA. Cranberries bukan IRA. Keluarga saya juga bukan," tegas O'Riordan.

"Dalam lagu itu saya mengatakan, 'It's not me, it's not my familiy'. Itu bukan Irlandia, itu adalah perilaku sejumlah idiot yang masih hidup di masa lalu," ujar O'Riordan.

Dirilis pada September 1994, Zombie kemudian menjadi lagu paling sukses dari The Cranberries. Di Jerman, Australia, dan Prancis lagu itu menduduki urutan pertama di daftar tangga lagu. Di Amerika Serikat, Zombie memuncaki tangga lagu rok alternatif.

Tetapi lirik O'Riordan dikritik oleh sebagian orang. Ia dituding naif dan berpihak dalam konflik yang sama sekali tak dipahaminya.

"Saya tak peduli soal Protestan atau Katolik, saya hanya peduli pada fakta bahwa ada orang-orang tak bersalah yang menjadi korban. Itu yang memicu saya menulis lagu tersebut," tegas perempuan kelahiran 6 September 1971 itu.

Dalam wawancara dengan NME pada 1994, ia kembali menegaskan kritiknya terhadap terorisme yang ditumpahkan dalam .

"Saya tak menyebut nama kelompok teroris atau organisasi mana pun. Lagu itu tak memihak siapa pun, lagu yang sangat manusiawi," tegas dia.

"Bagi saya, terorisme sangat membingungkan. Jika orang-orang dewasa itu memiliki masalah dengan orang dewasa lainnya, pergi lalu berkelahi saja. Setidaknya punya nyalilah sedikit," tukas O'Riordan.

O'Riordan meninggal pada Senin 15 Januari 2018 di sebuah hotel di London, Inggris. Ia bergabung dengan The Cranberries pada 1990, berkarya bersama Noel Hogan, Mike Hogan, dan Fergal Lawler di band itu selama 13 tahun.

The Cranberries sendiri sempat bubar pada 2003, sebelum bereuni pada 2009. Band itu telah menelurkan tujuh album selama periode 1990-2017.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS