Burning Sun Hingga Jasa Prostitusi, Ini 7 Fakta Kasus Seungri

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Burning Sun Hingga Jasa Prostitusi, Ini 7 Fakta Kasus Seungri
Seungri Bigbang. (Instagram)

Kasus Seungri merupakan salah satu skandal terbesar dunia hiburan Korea.

Suara.com - Nama Seungri BIGBANG sedang jadi perbincangan hangat. Mulai dari skandal penganiayaan dan narkoba di klub Burning Sun miliknya, hingga layanan prostitusi dan grup chat mesum yang membelitnya. 

Atas kasus tersebut Seungri dinaikkan statusnya menjadi tersangka pada (10/3/2019). Hal ini juga berbuntut pada hengkangnya Seungri dari BIGBANG dan YG Entertainment.

Seungri BIGBANG (Instagram/@seungriseyo)
Seungri BIGBANG (Instagram/@seungriseyo)

Seperti apa fakta kasus Seungri yang masuk dalam salah satu skandal terbesar hiburan Korea Selatan itu?

Yuk intip kronologinya.

1. Burning Sun

Skandal yang menyeret nama Seungri bermula pada akhir Januari 2019 lalu. Semua berawal dari kasus distribusi narkoba, kekerasan, dan pelecehan seksual yang menyendera Burning Sun di mana Seungri bertindak sebagai Direktur Eksekutif-nya.

Pada 28 Januari lalu, MBC “New Desk” yang dilansir Soompi, merilis rekaman CCTV atas kekerasan seksual yang terjadi di Burning Sun. Insiden tersebut melibatkan seorang pengunjung perempuan sebagai korban, salah satu staf Burning Sun sebagai tersangka kekerasan seksual, dan seorang pengunjung laki-laki sebagai saksi sekaligus korban kekerasan.

Kasus ini mencuat lantaran klub tersebut diketahui milik Seungri BIGBANG. Stigma negatif itu semakin diperparah dengan munculnya isu narkoba.

Setelah CCTV dirilis pihak Burning Sun minta maaf pada 29 Januari 2019. Disusul YG Entertainment selaku agensi BIGBANG yang menyatakan bahwa Seungri tidak berada di lokasi kejadian.

Seungri sendiri mengaku kronologi dipilihnya dia menjadi Direktur Eksekutif karena dia selebritis yang bisa menarik banyak pengunjung. Sang CEO sendiri bilang kalau Seungri hanya berperan untuk mempromosikan klub dan tidak terlibat dalam proses manajemen klub.

Klub Burning Sun sendiri sudah ditutup pada (17/2/2019) demi investigasi polisi terkait beragam skandal yang menimpanya.

Seungri BIGBANG (Soompi)
Seungri BIGBANG (Soompi)

2. Skandal Club Arena

Setelah Burning Sun ditutup, Seungri dituduh menyediakan jasa prostitusi untuk investor asing di sebuah klub daerah Gangnam, Club Arena. Tuduhan ini bermula dari SBS funE memberitakan isi percakapan grup chat KakaoTalk antara Seungri dan tiga orang lainnya.

Grup chat yang dirilis oleh SBS funE itu terdapat nama Seungri, CEO Yoo dari Yuri Holdings, dan staf bernama Kim. Dalam percakapan yang terjadi pada 2015 lalu itu, diduga Seungri mengatur pramunikmat untuk melayani calon investornya.

Seungri dipanggil ke kantor polisi untuk penyelidikan pada 27 Februari 2019. Ia juga menjalani tes urine terkait penyalahgunaan narkoba.

Seungri bilang pesan teks yang dirilis SBS funE itu dibuat-buat alias rekayasa semata. Seungri dibebaskan dari kantor polisi.

3. Bukti dari Reporter Kang Kyung Joon

Adalah sosok Kang Kyung Yoon yang awalnya mengungkap kasus ini. Reporter SBS ini maju membawa bukti grup chat KakaoTalk yang berisikan percakapan antara Seungri, CEO Yoo, Staf bernama Kim dan penyanyi berinisial C. Percakapan yang terjadi pada April 2016 tersebut mengungkapkan Seungri bersekongkol dengan CEO Yoo untuk menyediakan jasa prostitusi bagi investor asing.

Buktinya sendiri sudah diserahkan ke Komisi Anti Korupsi dan Hak Sipil untuk penyelidikan lebih lanjut. Alasannya karena ada dugaan beberapa petugas kepolisian terlibat korupsi untuk menutupi kasus ini.

Kang Kyung Yoon (YouTube)
Kang Kyung Yoon (YouTube)

4. Seungri Jadi Tersangka

Seungri jadi sasaran tuduhan dan amukan publik. Rumor menyebutkan YG Entertainment membuang semua bukti yang melibatkan Seungri.

Bahkan muncul petisi oleh penggemar di DC Galllery (forum internet terkenal di Korea) agar Seungri dikeluarkan dari BIGBANG. Konser Seungri di Jakarta pun dibatalkan.

Pada 10 Maret 2019 polisi mulai menggeledah Club Arena pada jam 11 pagi hingga jam 2 malam waktu Korea. Polisi memperoleh data terkait layanan pendamping seksual kepada investor asing yang dituduhkan pada Seungri.

Status Seungri dinaikkan menjadi tersangka.

''Kami menahan dan mengubah status Seungri menjadi tersangka untuk mengeluarkan surat perintah penggeledahan dan penyitaan dan menghapus [Seungri] dari kecurigaan [yang mengelilinginya],'' kata sumber dari kepolisian seperti dilansir dari Soompi.

5. Seungri Pamit dari Dunia Hiburan

Pada 11 Maret, lewat Instagram pribadinya @seungriseyo, Seungri mengumumkan pensiun dari dunia hiburan yang membesarkan namanya. Maknae BIGBANG ini juga berjanji akan kooperatif menjalani penyelidikan polisi.

''Saya dengan tulus berterima kasih kepada semua penggemar di dalam dan di luar Korea yang telah memberi saya banyak cinta selama 10 tahun terakhir, dan saya pikir ini adalah saat di mana saya harus berhenti untuk melindungi kehormatan YG dan BIGBANG.

Sekali lagi, saya minta maaf dan meminta maaf sekali lagi.

Saya berterima kasih kepada semua orang sampai sekarang,'' tulis Seungri.

6. Skandal Grup Chat Seungri

Awalnya, Kang Kyung Yoon menyelidiki tentang dugaan Seungri melobi investor dengan menawarkan hiburan seksual, bulan lalu.

Berawal dari sana, Kang Kyung Yoon menemukan banyak fakta terkait dengan Seungri. Ia bahkan menemukan grup chat mesum yang berisi nama Seungri dan beberapa artis laki-laki Korea lainnya.

Dalam grup chat itu terdapat aktivitas bertukar video dan gambar porno sesama anggota grup chat.

Dari penyelidikan lanjutan, terungkap beberapa nama idol K-Pop yang terlibat dalam grup chat mesum di antaranya, Jung Joon Young, Yong Junhyung Highlight, Choi Jong Hoon FTISLAND, dan Lee Jong Hyun CNBLUE.

Semuanya sedang dalam penyelidikan polisi.

Jung Joon Young dan Seungri (Soompi)
Jung Joon Young dan Seungri (Soompi)

7. YG Entertainment Putuskan Kontrak

Kasus Seungri menyebabkan saham YG anjlok. Untuk itu dan banyak skandal lainnya, YG Entertainment resmi memutuskan kontrak ekslusif Seungri.

"Hello, ini adalah YG Entertainment. Dimulai dari kasus kekerasan di klub di mana Seungri ikut andil, berbagai sangkaan dan kontroversi terus muncul. Kami menundukkan kepala dan menyampaikan permintaan maaf yang dalam karena telah menyebabkan masalah bagi banyak orang termasuk fans.

"Pada 12 Maret, menyusul pengumumuman dari pengunduran diri Seungri, YG menyetujui permintaan Seungri dan memutuskan untuk mengakhiri kontrak eksklusifnya,'' kata agensi seperti dikutip dari Soompi.

Mari tunggu update selanjutnya. 

Sumber: MataMata.com

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS