Sinopsis Film Senyap, Kisah Keluarga Korban Pembunuhan Massal 1965

Rifan Aditya
Sinopsis Film Senyap, Kisah Keluarga Korban Pembunuhan Massal 1965
Film Senyap (The Look of Silence) karya Joshua Oppenheimer. (Youtube/Calengklik)

Berikut ini sinopsis film Senyap selengkapnya.

Suara.com - Film Senyap hadir untuk menambah realitas yang coba dimunculkan dalam film The Act of Killing atau Jagal. Simak sinopsis film Senyap yang perlu kalian ketahui.

Masih mengusung tema yang sama, film Senyap juga akan membalikkan pemahaman para penontonnya tentang peristiwa 1 Oktober 1965. Jika digambarkan secara sederhana, film ini membuka fakta sejarah Bangsa Indonesia yang baru sehingga patut untuk ditonton.

Berikut ini sinopsis film Senyap selengkapnya.

Latar Belakang

Baca Juga: Avengers: Endgame Pulang Tanpa Oscar di Tangan

Film Senyap dirilis pada tahun 2014 dengan judul internasional The Look of Silence. Pemutaranya dilakukan secara serentak pada 10 Desember 2014 bertepatan dengan peringatan Hari HAM sedunia.

Film berdurasi sekitar 1 jam 30 menit ini digarap pada tahun 2010 sampai 2012 di Sumatera oleh sutradara film Jagal Joshua Oppenheimer. Tak heran jika banyak yang menganggap Film Senyap merupakan sekuel dari Film Jagal.

Menariknya, peredaran film ini sempat menjadi sorotan karena dilarang oleh Lembaga Sensor Film (LSF) sejak 29 Desember 2014.

Walaupun demikian, film ini telah diputar di sejumlah festival film ternama di dunia, seperti Toronto International Film Festival, New York Film Festival, Telluride Film Festival, dan Winner Venice Film Festival.

Sinopsis Film Senyap

Baca Juga: Raih Penghargaan, Sutradara "#66" Berharap Filmnya Diterima Luas

Film Senyap menyuguhkan gambaran kehidupan keluarga korban pembunuhan massal yang terjadi di Indonesia antara tahun 1965 – 1966. Bahkan, menurut beberapa kalangan, pembunuhan massal ini baru betul-betul berakhir pada 1969.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS