alexametrics

Pesan Cinta Tanah Air, Didi Mahardika Ciptakan Lagu Untuk Indonesia Raya

Ferry Noviandi
Pesan Cinta Tanah Air, Didi Mahardika Ciptakan Lagu Untuk Indonesia Raya
Didi Mahardika [Instagram]

Lagu "Untuk Indonesia Raya" yang diciptakan Didi Mahardika dinyanyikan grup musik TRAH.

Suara.com - Didi Mahardika rupanya memiliki bakat di dunia musik. Cucu Presiden Pertama RI Soekarno ini baru saja merilis sebuah lagu berjudul "Untuk Indonesia".

Dari judulnya kita semua bisa menebak, lagu yang diciptakan Didi Mahardika bertema persatuan dan kecintaan terhadap Tanah Air. Pemilik nama lengkap Didi Mahardhika Soekarno mengakui, di momen Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 ini perlu untuk kembali mengingatkan masyarakat Indonesia untuk tetap bersatu dan mencintai Indonesia.

Video klip lagu "Untuk Indonesia Raya" yang dinyanyikanTRAH. [YouTube]
Video klip lagu "Untuk Indonesia Raya" yang dinyanyikanTRAH. [YouTube]

"Ini bagian dari usaha kami bersama, untuk meningkatkan rasa cinta Tanah Air yang kami suarakan melalui media musik," ujar Didi Mahardhika dalam keterangan resmi yang diterima Suara.com.

Lagu "Untuk Indonesia Raya" diciptakan Didi Mahardika dan dinyanyikan grup musik TRAH. TRAH beranggotakan produser dan musisi yang memiliki visi, misi dan selera musik yang sama.

Baca Juga: Rachmawati Soekarnoputri Meninggal, Vanessa Angel: Ibuku yang Baik Dulu

Sementara dalam proses kreatif menciptakan lagu, Didi Mahardika berkolaborasi dengan Dimas Pandu Danardono, Swara Wimayoga, Nanda Persada dan Rizki MH. Sementara itu, video musiknya diisi suara Rosmanizar, Meutia Amanda dan Retira Juliane.

Didi Mahardika. [suara.com/Nanda Hadiyanti]
Didi Mahardika. [Suara.com/Nanda Hadiyanti]

Proses recording dan mixing lagu untuk Indonesia Raya dikerjakan di 1945MF Studio oleh Mahardhika Soekarno dan Rizki MH. Sedangkan proses mastering dikerjakan oleh Romy Soekarno di Marlinspike Hall Studio.

Menariknya, video musik Untuk Indonesia Raya digarap dengan sentuhan sinematografi yang sederhana namun sarat dengan makna. Sutradara Anggi Andriyana, terlihat mengedepankan cerita yang tersirat dalam video musik tersebut.

Video ini mengambil beberapa lokasi bersejarah dan ikonik di antaranya Bunderan HI, Gedung MPR/DPR, Museum Satria Mandala (Wisma Yaso), Gelora Bung Karno dan Monumen Nasional (Monas).

Dalam video ini terlihat sejumlah artis untuk mengisi suara dan tampil di video klip. Ini sebagai bentuk dukungan bahwa pesan yang disampaikan lagu "Untuk Indonesia Raya" berlaku untuk seluruh kalangan dan bersifat non-komersil.

Baca Juga: Vanessa Angel Nikah, Didi Mahardika Nikahi Janda Enji eks Ayu Ting Ting

Mereka di antaranya adalah Guruh Soekarno Putra, Anton J-Rocks, Yoiqball, Gilang KOTAK, Galih Justdrum, Bubun BD, Lucky Octavian, Ipang Lazuardy, Buluk SUPERGLAD, Bagus NTRL, Iman J-Rocks, Sony J-Rocks, Denny Sumargo, Astrid Tiar, Sarah Azhari, Denny Cagur, Ade Rai, Banyu Biru, Andi Malewa (Rektor Insititut Musik Jalanan), dan Perwakilan SPMI (Solidaritas Pekerja Musik Indonesia).

Komentar