alexametrics

Robby Purba Pilih Kembalikan Honor, 5 Artis Kecewa Pada KPI

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Robby Purba Pilih Kembalikan Honor, 5 Artis Kecewa Pada KPI
Robby Purba di Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2019). [Revi Cofans Rantung/Suara.com]

Siapa saja artis kecewa pada KPI? Simak ulasannya berikut ini.

Suara.com - Belakangan ini, Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI sedang ramai jadi sorotan. Seorang pegawai KPI Pusat mengungkap pelecehan seksual dan perundungan yang diterimanya sekitar tahun 2012-2014. Baik korban maupun diduga pelaku berjenis kelamin laki-laki. Namun karena diduga pelaku merasa dicemarkan nama baiknya terkait identitas mereka yang terungkap, korban terancam dilaporkan dengan UU ITE. 

Selain itu, publik juga mengkritik pedas keputusan KPI yang tidak melarang Saipul Jamil mengisi acara di televisi. Pasalnya Saipul Jamil diketahui bebas setelah 5 tahun dipenjara karena kasus pelecehan seksual.

Robby Purba (Instagram/@robbypurba)
Artis Kecewa Pada KPI (Instagram/@robbypurba)

Tak hanya masyarakat, para artis pun ramai mengungkap kekecewaannya kepada KPI. Siapa saja artis kecewa pada KPI? Simak ulasannya berikut ini.

1. Robby Purba

Baca Juga: Gegara Jawaban Nyeleneh Ketua KPI, Robby Purba Kembalikan Honor

Robby Purba (Instagram/@robbypurba)
Artis Kecewa Pada KPI (Instagram/@robbypurba)

Melalui unggahan Instagram pada Minggu (12/9/2021), Robby Purba menyampaikan pesannya kepada Ketua KPI. Robby rupanya menyoroti balasan Ketua KPI Pusat, Agung Suprio, saat netizen ingin tahu cara agar bisa kerja di KPI. Agung langsung menyebutkan posisi Office Boy alias OB sehingga dianggap menghina.

Robby Purba lantas mencari tahu keterlibatannya dalam acara yang digelar KPI di masa lalu. Rupanya Robby pernah bertemu Agung Suprio saat menjadi pembawa acara Anugerah KPI 2018. Berkaitan dengan keterlibatan tersebut, Robby bermaksud 'mengembalikan' honor yang diterimanya kepada masyarakat. Netizen dan para artis memuji cara Robby Purba menyindir dengan elegan tersebut. 

2. Ernest Prakasa

Ernest Prakasa (instagram.com/ernestprakasa)
Artis Kecewa Pada KPI (instagram.com/ernestprakasa)

Bukan baru-baru ini saja Ernest Prakasa memberikan kritik untuk KPI. Sebagai mantan penyiar di Bandung, Ernest mengaku 'frustasi' saat mengetahui KPI Jawa Barat merilis daftar lagu yang tidak boleh diputar di bawah jam 10 malam. Saat Saipul Jamil mengisi acara televisi setelah bebas dari penjara atas kasus pelecehan seksual, sutradara film "Cek Toko Sebelah" ini juga melayangkan protesnya. 

Selain itu, Ernest Prakasa dibuat geram saat pegawai KPI korban pelecehan seksual terancam dilaporkan balik oleh diduga pelaku. Karena semua itu, kini Ernest menolak percaya apapun yang dikatakan ketua KPI Pusat, Agung Suprio. Ernest bahkan memilih memblokir WhatsApp Agung Suprio karena tidak mau menerima penjelasan apapun. Sebaliknya, Ernest meminta Ketua KPI Pusat menghubungi dan meminta maaf kepada korban.

Baca Juga: Hilang Kepercayaan, Ernest Prakasa Blokir Nomor Ponsel Ketua KPI

3. Cinta Laura

Cinta Laura (Instagram/@claurakiehl)
Artis Kecewa Pada KPI (Instagram/@claurakiehl)

Cinta Laura blak-blakan meminta KPI Pusat untuk melarang Saipul Jamil tampil di televisi. Namun Cinta ragu apabila pendapatnya didengar karena beberapa pegawai KPI juga diduga pelaku pelecehan seksual.

Saat hadir di kanal YouTube AH, Cinta Laura mengaku ikut 'melempar' kritikan agar pelecehan seksual tidak terus dinormalisasi mengingat kasus serupa cukup tinggi di Indonesia. Cinta juga tak ingin korban pelecehan seksual terus-terusan disalahkan. Saipul Jamil dinilai merupakan contoh nyata korban pelecehan seksual dilupakan, padahal mereka pasti memiliki trauma yang tidak mudah sembuh.

4. Arie Kriting

Arie Kriting. (MataMata.com/Evi Ariska)
Artis Kecewa Pada KPI. (MataMata.com/Evi Ariska)

Arie Kriting tegas menolak karya maupun imejnya ditampilkan media yang memberikan ruang untuk pelaku pelecehan seksual. Ia menegaskan sikap tersebut sebagai bentuk perlawanan terhadap pelaku pelecehan seksual yang diglorifikasi. Suami Indah Permatasari tersebut baru mau bekerja sama ketika media tidak lagi melakukan 'hal bodoh' demi rating.

Saat Ketua KPI Pusat, Agung Suprio, mempersilakan Saipul Jamil tampil di televisi untuk tujuan edukasi, Arie Kriting pun mengaku tak habis pikir. Karena KPI tak kunjung mengerti, Arie Kriting merasa perlu dibuat komisi khusus untuk edukasi mengenai pelecehan seksual.

5. Kemal Palevi

Komika sekaligus aktor Kemal Pahlevi. [Instagram]
Artis Kecewa Pada KPI. [Instagram]

Kemal Palevi merupakan salah satu artis yang memantau perkembangan kasus pelecehan seksual di KPI Pusat sejak awal. Bahkan ia tak teralihkan meski kasus tersebut sempat tertutupi heboh penangkapan Coki Pardede atas penyalahgunaan narkoba. Kemal juga yang paling kesal ketika mendengar korban pelecehan seksual di KPI diminta untuk mencabut laporan dan menandatangani surat damai.

Kemal Palevi juga terus-terusan menanyakan 'kesehatan' Ketua KPI Pusat, Agus Suprio. Kekhawatiran itu terkait balasan komentar Agus Suprio kepada seorang netizen yang menanyakan cara bekerja di KPI. Kemal mempersilakan Agus Suprio untuk mengundurkan diri apabila sedang tidak sehat. Itulah sederet artis yang kecewa pada KPI. Bagaimana menurutmu?

Kontributor : Neressa Prahastiwi

Komentar